Tuesday, March 19, 2013

Pentingnya Peran Pintu Utama Di Rumah

 
Menurut fengshui tata ruang, pintu utama dari sebuah rumah adalah unsur yang terpenting. Hal tersebut di istilahkan sebagai kou atau mulut ruang hidup. Pemilihan posisi dan bahan pintu yang tepat, diyakini dapat membantu penghuni rumah mengalami kedamaian, nyaman, sehat jasmani dan rohani, serta peruntungan baik.
Menurut beberapa pakar fengshui, bahan pintu sebaiknya dibuat dari kayu solid. Desainnya disesuaikan dengan sudut tempat pintu itu berada, demikian juga dengan permainan warnanya. Disarankan juga untuk memoles warna cokelat jika letak pintu berada di timur atau tenggara. Untuk barat dan barat laut cocok menggunakan aplikasi warna putih. Maroon atau merah tua cocok digunakan pada pintu utama yang menghadap selatan. Sementara bagi yang menghadap utara bisa menggunakan warna hitam dan krem untuk barat daya atau timur laut.



Guna mendapatkan keselarasan tersebut, perlu ada energy chi yang baik. Chi mempengaruhi kehidupan penghuni rumah. Energi chi yang baik bisa dihadirkan lewat penataan pintu. Misalnya, daun pintu harus terbuka di arah dalam dan jangan mengarah ke ruang yang sesak, melainkan bukalah ke arah ruang yang besar dan lega. Hal ini dimaksudkan agar chi bisa bebas masuk. 
Pintu utama sebaiknya jangan membuka ke arah koridor lurus, sebaliknya tempatkan pemisah ruangan seperti tirai yang tidak terlalu terang agar ruang didalam tak terlihat secara langsung dari luar. Sebagian orang percaya bahwa tirai dapat berfungsi untuk menghalangi energi pembunuh. Selain itu, untuk menghindarkan agar pintu utama tak berhadapan langsung dengan pintu-pintu lain.



Saat memilih daun pintu sebaiknya penghuni rumah juga memperhatikan kualitas agar memenuhi aspek fungsional. Jenis bahan baku akan mempengaruhi finishing tingkat keawetan, dan kemudahan perawatan daun pintu saat sudah ditempati. Bahkan bisa pula memparhatikan keindahan lewat tekstur kayu dan detailnya.
Bila Anda salah satu yang benar-benar menaruh perhatian terhadap fengshui rumah Anda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahlinya. Rumah yang memenuhi ketentuan fengshui tak selalu mahal dan bentuknya pun masih banyak yang wajar dan bisa diterima masyarakat. Jadi, pastikan kenyamanan disetiap ruang interior eksterior rumah Anda. Hal ini demi kenyamanan Anda bersama keluarga di rumah kan?
Anda sedang cari rumah dijual di Indonesia? Atau sedang mencari rumah dijual murah dari berbagai lokasi dan wilayah? Anda bahkan bisa juga pasang iklan jual rumah gratis! Semua hadir hanya di Rumahku.com situs properti yang mengerti Anda.


Sumber :  http://www.rumahku.com/advices/pentingnya-peran-pintu-utama-di-rumah-39852#.UUfmf91W_cc