Monday, March 11, 2013

Feng Shui Tips for Exterior

Tips memilih tanaman di Halaman rumah





Beberapa waktu terakhir ini dunia mulai sadar akan pentingnya penghijauan, oleh karena itu semua orang mulai menerapkan prinsip hijau dalam lingkungan sekitar tempat tinggalnya.

Bagaimanakah tanaman itu secara feng shui dan apakah penting dalam feng shui, serta bagaimana mencari tanaman yang baik untuk ditanam sekitar rumah?

Pentingnya tanaman dalam feng shui

Seperti telah diketahui arti feng shui (Fung Sway) dalam bahasa mandarin berarti angin dan air. Prinsip feng shui yang sebenarnya adalah keseimbangan dan kelancaran aliran angin dan air. Pada dasarnya lokasi tempat apa pun juga baik itu rumah, tempat usaha ataupun ruangan, dll harus seimbang jadi aliran angin lancar, serta tidak kekurangan air.

Melihat kecenderungan kondisi feng shui diatas maka sebenarnya paling mudah untuk melihat suatu lokasi tanah itu memiliki feng shui baik/ tidak adalah dengan melihat kondisi tanaman disekitar lokasi tanah atau di tanah tersebut

Tanaman/pohon adalah makhluk hidup yang hidupnya sangat tergantung air dan cahaya matahari. Area dimana terdapat banyak tanaman cenderung memiliki pergerakan angin yang baik.

Oleh karena itu cara sederhana melihat baik/ tidaknya lokasi feng shui tanah tersebut adalah dengan melihat keberadaan tanaman sekitar lokasi. Jika tanaman hidup subur maka bisa dikatakan tanah tersebut baik secara lokasi feng shui.

Bagaimana mencari tanaman yang untuk ditanam di halaman rumah?

Tanaman akan memberikan pengaruh energy dari luar bangunan terhadap kehidupan penghuninya di dalam rumah. Keberadaan tanaman di sekitar bangunan jug bisa mempengaruhi energy angin, air dan kehidupan bagi penghuni rumah

Secara umum banyak orang cenderung suka jika rumahnya teduh dingin, adem. Biasanya kebanyakan orang suka jika memiliki tanaman pohon besar dan rimbun di sekitar rumah, karena secara umum bisa membuat rumah jadi dingin, teduh.

Secara feng shui kebalikannya, tanaman besar yang berdaun rimbun/ lebat cenderung bisa memiliki energy negatif bagi kehidupan manusia. Mengapa demikian ? karena keberadaan daun yang rimbun/ lebat bisa cenderung menimbulkan energy yin/ dingin/ kurang bergairah yang sebenarnya kurang cocok untuk memberikan pengaruh pada kehidupan yang aktif.



Selain itu juga biasanya pohon yang rimbun n besar cenderung membuat gelap/ suram aura dari luar rumah. Secara feng shui aura yang terjadi dengan adanya pohon besar bisa membuat energy tidak kasat mata (makhluk halus, bukan energy kehidupan) cenderung mendominasi area sekitar pohon tersebut. Akibatnya sering kita temui adanya area2 menyeramkan di sekitar rumah/ misalnya sering disebut adanya rumah berhantu/ rumah angker.

Secara logika sebenarnya bukan berhantu tetapi pohon besar berdaun lebat bisa membangkitkan aura yin/ lemah/ dingin/ kurang bergairah, sekitar kita ada energy kasat mata n tidak kasat mata. Energy yang tepat untuk area yin adalah energy tidak kasat mata, oleh karena itu energy tersebut kurang cocok bagi energy orang hidup.

Beberapa jenis pohon2 lebat yang tidak cocok ditanam di sekitar pekarangan/ halaman rumah adalah:

Tanaman buah seperti: Pohon Nangka, pohon jambu, pohon mangga, pohon rambutan, dll
Mengapa? Karena secara feng shui biasanya energy tidak kasat mata/ energy tidak hidup suka tinggal di area seperti ini

Tanaman peneduh seperti : Pohon beringin, dll
Mengapa ? sama halnya seperti pohon besar berbuah n berdaun lebat diatas. Biasanya makhluk halus/ energy tidak kasat mata cocok berada di area/ lokasi yang berenergy yin

Pohon tinggi berbatang kecil seperti pohon kelapa.
Mengapa ? karena keberadaan batang yang kecil n tipis secara aura cenderung memotong/ membelah. Semakin kecil batang semakin tajam, artinya semakin kurang ok.

Tanaman berduri/tajam-tajam seperti kaktus, tombak raja, dll
Mengapa ? karena tanaman tersebut cenderung menimbulkan energy sha chi ( energy negatif) dalam kehidupan cenderung memotong, dll

Tanaman bunga yang fungsinya untuk kematian seperti bunga kenangga, kamboja etc
Mengapa ? karena aura kematian yang terbentuk dari keberadaan bunga tersebut secara fungsi bisa membuat image kehidupan jadi lemah. Sebaiknya tidak ditanam

Tanaman - Tanaman yang cocok ditanam di area sekitar rumah :

Tanaman berbunga seperti bunga kemuning, soka, mawar/ rose, dll
Mengapa? karena keberadaan tanaman bunga itu secara feng shui simbol perkembangan dan pertumbuhan. Perkembangan secara feng shui dengan adanya bunga yang juga merupakan simbol keindahan, dengan menanam tanaman tanaman bunga apalagi berbau harum seperti melati, kemuning, dll cenderung kehidupan tumbuh, berkembang dan harum

Tanaman rumput, tanaman perdu pendek/ tidak tinggi : simbol Pertumbuhan, perkembangan, relasi banyak dan solid/ tertata rapih

Tanaman bambu : simbol pengusir energy negatif dari luar lingkungan juga bisa dijadikan pagar penghalang area tusuk sate.

Tanaman buah seperti jeruk bonsai (tidak tinggi) : simbol kemakmuran

Keberadaan Air/ fountain di taman

Keberadaan air secara feng shui adalah simbol kemakmuran. Oleh karena itu baik menghadirkan air / kolam/ fountain di halaman rumah sebagai simbol mendatangkan kemakmuran / menyimpan rejeki

Posisi fountain yang baik : di depan pintu masuk utama dengan arah aliran menuju pintu masuk utama (simbol masuknya rejeki)


Posisi di depan pintu ke halaman belakang simbol menyimpan kekayaan. 

 

Sumber :http://www.jeniefengshuionline.com/articles/2012/07/24/1036/feng-shui-tips-for-exterior