Thursday, March 14, 2013

Beberapa Faktor Penentu Keberuntungan menurut seni fengshui masyarakat Tionghoa

Tanggal kelahiran seseorang erat sekali kaitannya dengan nasib yang dialaminya dalam hidup. Feng shui Pa Kua dan Lo Shu membantu manusia untuk menemukan nasib baik dengan cara membangun rumah sesuai dengan tanggal lahirnya. Feng shui Pa Kua Lo Shu adalah sering disebut dengan Personal Feng Shui.

Tanggal lahir dipakai untuk menemukan angka pribadi atau diistilahkan dengan nomer KUA dan menemukan Shio seseorang.

Dari nomer KUA bisa menentukan arah mata angin keberuntungan dan kotak Lo Shu keberuntungan serta kotak Lo Shu kemalangan. Sedangkan dari Shio orang mengetahui nasib dalam periode waktu tertentu.

Metode Feng Shui Pa Kua dan Lo Shu ini juga dikenal dengan Feng Shui Mata Angin. Di sini saya menyebutnya Personal Feng Shui. Dalam praktek Personal Feng Shui orang dikelompokan menjadi 2 kelompok yaitu:

Kelompok Barat yaitu orang harus mempunyai rumah menghadap Barat Daya, Barat, Barat Laut dan Timur Laut. Untuk memaksimalkan nasib baik dan keberuntungan juga harus mempunyai lokasi kamar di Barat Daya, Barat, Barat Laut dan Timur Laut.

Kelompok Timur yaitu orang harus mempunyai rumah menghadap Tenggara, Timur, Utara dan Selatan. Dan untuk dapat menikmati nasib baik dan keberuntungan harus mempunyai kamar di Tenggara, Timur, Utara dan Selatan.



Konsep ini berasal dari temuan kura-kura hitam yang muncul dari dasar sebuah sungai berabad-abad lalu. Di punggung kura-kura tersebut terukir kotak segi empat terbagi 3 sama rata sehingga terbentuk 9 bujur sangkar yang sama besar. Di masing-masing kotak tertulis angka 1 sampai dengan 9 dengan angka 5 terletak di tengah-tengah. Angka-angka yang terletak di masing-masing kotak tersebut kalau dijumlahkan dari kiri ke kanan, atas ke bawah dan diagonal akan berjumlah 15.



 


Dari temuan kura-kura tersebut, para ilmuwan Cina terus menggali makna angka-angka tersebut. Ternyata kemudian angka-angka ini merupakan wakil dari arah mata angin yang dalam perkembangannya melahirkan konsep Pa Kua dan Kotak Lo Shu.

1 perlambang Utara
2 perlambang Barat Daya
3 perlambang Timur
4 perlambang Tenggara
5 perlambang Tengah
6 perlambang Barat Laut
7 perlambang Barat
8 perlambang Timur Laut
9 perlambang Selatan









 




 




























Pa Kua berguna untuk menentukan arah keberuntungan dan kemalangan. Kotak Lo Shu berguna untuk menentukan angka Lo Shu dan arah mata angin keberuntungan dan kemalangan.
Misalnya orang kelompok barat:
Arah keberuntungannya adalah Barat Daya, Barat, Barat Laut dan Timur Laut, juga disebut mempunyai angka Lo Shu 2, 7, 6 dan 8 atau berarti juga mempunyai sektor* rumah yang menguntungkan yaitu: Barat Daya, Barat, Barat Laut dan Timur Laut. Sisanya adalah sektor kemalangan.

Sektor menguntungkan dipergunakan untuk ruangan penting seperti kamar tidur, ruang kerja, dll. Sedangkan 4 sektor kemalangan dipergunakan untuk dapur, kamar mandi, dll.

* Sektor adalah 1 kotak dari 9 kotak. Lihat TG yang diwakili angka 4. Ini disebut sektor tenggara.

Contoh penerapan:
Seseorang ditentukan termasuk kelompok Barat. Mempunyai angka Lo Shu baik adalah 2, 7, 6 dan 8.

Untuk mengetahui apakah kamar yang ditempatinya menguntungkan, letakan kotak Lo Shu ke atas denah rumah.

Dari contoh ternyata, rumah menghadap ke arah yang salah. Seharusnya menghadap barat. Namun lokasi kamar tidur utama betul karena menempati lokasi keberuntungan. Dapur salah karena menempati sektor keberuntungan.

Bangsa Tiongkok menandai tahun dengan bantuan
10 BL dan 12 CB. Hal ini berlaku pula dalam menandai saat kelahiran seseorang.
Masing-masing tahun, bulan, hari, dan jam memiliki paduan batang langit dan cabang buminya sendiri-sendiri. Oleh karena itu, setiap orang memiliki 4 batang langit dan 4 cabang bumi yang dikenal sebagai delapan karakter atau bazi.
Sebagai contoh adalah seorang pria yang dilahirkan pada tanggal 12 Januari

1982 pukul 15:40. Diagram Bazi

Bagian atas adalah batang langit, sedangkan yang bawah adalah cabang buminya.
Berdasarkan Bazi, yang dianggap unsur diri (Inggris: day master) adalah unsur di balik batang langit hari kelahiran. Jadi unsur diri orang di atas adalah kayu. Bazi disebut juga shizu atau “Empat Pilar.” Adapun keempat pilar itu adalah tahun, bulan, hari, dan jam; dimana masing-masing pilar terbentuk dari pasangan satu batang langit dan satu cabang bumi. Oleh karena itu, secara keseluruhan terdapat empat batang langit dan empat cabang bumi.

Langkah berikutnya adalah menentukan kuat atau lemahnya unsur diri di atas.
Namun, karena makalah kali ini hanya sebagai pengantar saja, kita tidak akan membahas secara terperinci bagaimana menentukan kuat atau lemahnya unsur diri.

Tetapi secara ringkas adalah sebagai berikut:
 
  1. Pria di atas terlahir pada bulan yang cabang buminya adalah tanah. Ini berarti bahwa pada bulan tersebut tanah sedang kuat. Ingat bahwa kayu menghancurkan tanah (lihat siklus lima unsur di atas). Oleh karena itu, tanah adalah unsur lawan bagi kayu.
  2. Kita melihat bahwa pada bazi orang di atas, banyak memiliki unsur logam.
    (4 unsur logam). Ingat bahwa logam menghancurkan kayu. Jadi logam adalah unsur lawan bagi kayu.
     
  3. Unsur kawan bagi kayu hanya satu, yakni Jia atau kayu yang berada di batang langit jam.

Karena unsur lawan terlalu banyak, kita menganggap bahwa pria di atas merupakan orang kayu lemah.

Pembahasan lima unsur secara lebih mendalam Setelah mengulas mengenai bazi secara ringkas berdasarkan contoh di atas, kita
dapat menggolongkan lima unsur yang ada ke dalam dua kelompok, yakni kelompok KAWAN dan Lawan. 

Adapun yang dimaksud dengan kelompok lawan adalah:

a.. Unsur yang menghancurkan unsur diri (disebut Zhengguan atau Qisha)
b.. Unsur yang dihasilkan oleh unsur diri (karena dengan menghasilkan unsur lain, maka unsur diri akan hilang atau bertambah lemah) ¨C disebut Shangguan atau Shishen)
c.. Unsur yang dikalahkan oleh unsur diri (disebut Zhengcai atau Piancai)

Sedangkan yang dimaksud dengan kelompok kawan adalah:

a.. Unsur yang sama dengan unsur diri (disebut Jiecai atau Bijian)
b.. Unsur yang menghasilkan unsur diri (disebut Zhengyin atau Pianyin)

Prinsip dari kosmologi Tiongkok adalah keseimbangan, jadi bila unsur diri terlalu kuat, maka harus dilemahkan, sehingga unsur lawan merupakan unsur yang BAIK bagi dirinya. Sebaliknya bila unsur diri terlalu lemah, maka harus dikuatkan, sehingga unsur kawan merupakan unsur yang BAIK bagi dirinya.

Masing-masing unsur yang ada itu melambangkan aspek-aspek tertentu dalam kehidupan manusia. Bagi unsur diri kuat, Jiecai dan Bijian tidak baik bagi dirinya, karena tambahan Jiecai beserta Bijian hanya akan memperkuat unsur dirinya saja. Menurut bazi, jiecai dan bijian melambangkan kemiskinan bagi orang yang unsur dirinya kuat. Sebaliknya bagi orang yang unsur dirinya lemah,
tentu saja jiecai dan bijian akan sangat baik bagi dirinya; karena akan memperkuat unsur diri. Bagi orang yang unsur dirinya lemah, jiecai dan bijian justru melambangkan kekayaan. Unsur-unsur lainnya juga memiliki maknanya masing-masing bagi kehidupan seseorang, tergantung kuat atau lemahnya unsur diri. Kita tidak akan membahas hal ini secara lebih terperinci. 

Namun kita dapat meringkas bagian ini sebagai berikut:

Masing-masing unsur yang ada memiliki pengaruh negatif dan positif bagi setiap pribadi yang ada di muka bumi ini.

Pengaruh Taishui dalam kehidupan manusia Kita telah mengulas siklus jiazi yang berjumlah enam puluh dan masing-masing dilambangkan dengan satu dewa Taishui. Karena siklus jiazi terbentuk dari pasangan batang langit dan cabang bumi, maka di balik semua itu adalah lima unsur. Bila unsur-unsur yang terkandung dalam tahun yang berlaku adalah unsur yang baik bagi pribadi bersangkutan, ia boleh mengharapkan keuntungan pada
tahun tersebut.

Sebagai contoh, mari kita analisa bagaimana pengaruh tahun 2008 bagi pria yang lahir pada tanggal 12 januari 1982 di atas. Tahun 2008 pasangan batang langit dan cabang buminya adalah Wuzi. Wu berunsur tanah dan zi berunsur air. Tanah merupakan unsur yang kurang baik bagi pria berunsur kayu lemah di atas (unsur lawan), sedangkan zi merupakan unsur yang baik (unsur kawan). Selanjutnya kita melihat bahwa unsur cabang bumi tahun 2008 adalah air, sehingga kita dapat melihat bahwa tahun 2008 dapat mendatangkan keuntungan bagi pria ini. Namun batang langitnya adalah tanah, yang merugikan bagi orang itu. Karena tanah
menghancurkan air, kita boleh menyimpulkan bahwa pria tersebut pada tahun 2008 akan mendapatkan keuntungan, tetapi jalannya tidak mudah dan ia akan mendapatkan banyak halangan pula.

Tentu saja contoh di atas adalah analisa bazi yang sangat disederhanakan.
Analisa yang lengkap jauh lebih rumit dan mempertimbangkan banyak faktor. Namun berdasarkan contoh ini, diharapkan kita semua dapat memperoleh gambaran bagaimana interaksi antara dimensi waktu dengan kehidupan seseorang. Jika dimensi waktu tidak menguntungkan bagi seseorang, inilah yang disebut chong
atau konflik.

Cara lain dalam menghitung chong Selain menganalisa interaksi unsur yang terkandung dalam diagram bazi seseorang; chong dapat pula dihitung berdasarkan hubungan antara batang langit dan cabang bumi itu sendiri. Antara batang langit dan cabang bumi terjadi interaksi satu sama lain, baik yang disebut penggabungan, pertentangan, hukuman, struktur arah, dan lain sebagainya. Ilmu bazi mengenal pula apa yang dinamakan Enam Pertentangan atau Liuchong antar cabang bumi:

Zi (tikus) ¨C Wu (kuda)

Chou (kerbau) ¨C Wei (kambing)

Yin (harimau) ¨C Shen (kera)

Mao (kelinci) ¨C You (ayam)

Chen (naga) ¨C Xu (anjing)

Si (ular) ¨C Hai (babi)

Untuk mudahnya akan disajikan dalam bentuk diagram berikut ini:

Keenam Pertentangan atau konflik ini merupakan pertentangan langsung antara cabang bumi. Jika seseorang terkena salah satu di antara Liuchong ini maka akan berdampak kurang baik dalam kehidupannya.

Selain enam pertentangan, masih terdapat lagi apa yang dinamakan fang. Ini berarti bahwa cabang bumi tahun kelahiran sama dengan cabang bumi tahun yang berlaku. Misalnya orang itu lahir di tahun tikus (zi) dan tahun yang berjalan adalah tahun tikus (zi).

Berikutnya masih dikenal pula apa yang dinamakan konflik kecil atau hai, yang dapat disajikan dalam bentuk diagram berikut ini:

Berdasarkan diagram di atas zi (tikus) akan mengalami hai dengan mao (kelinci).
Hai ini yang oleh sebagian kalangan disebut “chiong kecil.”

Seluruh interaksi di atas juga dapat dianggap sebagai chong dengan Taishui.
Untuk menghitung apakah seseorang terkena chong itu atau tidak, perlu kembali pada keempat pilar atau bazi seseorang. Dahulu para peramal hanya memperhatikan tahun kelahiran saja, tetapi belakangan metoda atau seni dalam meramal makin disempurnakan, sehingga muncul bazi, ziweidoushu, dan lain sebagainya.
Akhirnya, pilar hari dianggap yang terpenting. Itulah sebabnya, sebagaimana yang telah diungkapkan di atas, penentuan unsur diri (day master) diambil dari batang langit pilar hari. Oleh karena itu, meskipun cabang bumi dalam pilar kelahiran seseorang tidak mengalami chong, fang, atau hai, tetapi belum tentu bahwa kehidupannya tidak akan bermasalah sama sekali; karena mungkin saja cabang bumi pada pilar-pilar lainnya mengalami salah satu di antara ketiganya.
Sebaliknya, meskipun pilar tahun seseorang mengalami chong, fang, atau hai, tetapi hal ini belum tentu dianggap buruk. Tetapi ini adalah konsep yang lebih mendalam dalam bazi, sehingga tidak akan diuraikan secara terperinci di sini.

Kita akan kembali pada keempat pilar dalam bazi terlebih dahulu. Masing-masing pilar dalam bazi mewakili aspek-aspek hubungan kekerabatan seseorang.

PILAR HARI

Ini merupakan pilar yang terpenting, dan mencerminkan jiwa (spirit) Anda.
Sedangkan cabang buminya disebut “istana pernikahan” dan melambangkan hubungan Anda dengan pasangan hidup.

PILAR BULAN

Pilar bulan juga disebut “istana orang tua” dan melambangkan hubungan Anda dengan orang tua. Anda juga dapat menelaah bagaimana kondisi masa kecil Anda pada pilar ini beserta dengan keadaan keluarga tempat Anda dilahirkan dan
bertumbuh.

PILAR JAM

Pilar jam disebut “istana anak-anak.” Ini merupakan pilar yang mencerminkan hubungan Anda dengan anak-anak Anda. Selain itu, Anda dapat menelaah bagaimana masa tua Anda di pilar ini.

PILAR TAHUN

Pilar tahun juga disebut “istana kakek-nenek.” Berdasarkan pilar ini dapat dianalisa bagaimana hubungan Anda dengan kakek beserta nenek Anda. Selain itu, pilar ini juga menggambarkan latar belakangan keluarga dan masyarakat Anda.
Pengaruh-pengaruh tersembunyi apa yang mempengaruhi pencapaian pribadi seseorang dapat dibaca dari pilar ini.

Untuk menelaah bagaimana kondisi kehidupan seseorang beserta hubungan kekerabatannya di atas, kita perlu menganalisa bagaimana interaksi masing-masing unsur yang ada dalam pilar-pilarnya itu. Inilah tujuan seni bazi.

Kita akan kembali pada masalah chong di atas. Silakan perhatikan contoh diagram bazi seseorang berikut ini:

Perhatikan bahwa pada pilar bulan dan hari terjadi Liuchong atau Enam Pertentangan, yakni antara Wei dan Chou. Ingat bahwa cabang bumi pilar hari disebut “istana pasangan hidup.” Jadi orang ini akan memiliki masalah dengan pasangan hidupnya. Permasalahan ini akan bertambah parah bila tahunnya memiliki
cabang bumi Chou (umpamanya tahun 2009). Selain itu, tanah juga merupakan unsur buruknya. Jadi secara keseluruhan tahun 2009 adalah tahun yang tidak menguntungkan baginya.


DIMENSI ARAH

10 BL dan 12 CB juga memenuhi arah mata angin. Berbeda dengan kompas di Barat yang umumnya hanya mengenal 8 arah mata angin, kompas di Tiongkok mengenal 24 arah mata angin.

Jika kita perhatikan diagram arah mata angin di atas, nampak sekali bahwa masing-masing arah dihubungkan dengan batang langit dan cabang bumi (kecuali Xun, Kun, Qian, dan Gen – yang merupakan gua). Di balik batang langit dan cabang bumi adalah kelima unsur, jadi masing-masing arah mata angin pada diagram di atas berkaitan dengan salah satu di antara kelima unsur tersebut.
Dengan demikian, sebagaimana halnya bazi, faktor atau dimensi arah juga mempengaruhi kehidupan seseorang.


DIMENSI WAKTU BERPADU DENGAN ARAH

Fengshui Bintang Terbang (Feixing)

Dimensi waktu dan arah meskipun merupakan sesuatu yang terpisah, tidaklah berdiri sendiri-sendiri. Keduanya merupakan suatu siklus yang saling berpadu dan bersinergi. Hal ini nampak nyata dalam apa yang disebut Fengshui Bintang Terbang (Feixing). Menurut ilmu fengshui ini, distribusi energi masing-masing
unsur dalam sebuah tempat kediaman akan terus berubah seiring dengan perputaran atau siklus waktu. Oleh karena itu, rumah sebagai tempat kediaman juga memiliki aspek dinamisnya, dalam artian suatu sektor atau arah tidak selamanya baik.

Distribusi energi dalam sebuah rumah digambarkan dalam suatu diagram yang disebut kotak Loshu. Adapun gambarnya adalah seperti di bawah ini:

Angka yang paling tengah (5) menyatakan perioda berlakunya diagram di atas, yakni perioda kelima, sedangkan angka-angka di atas mewakili masing-masing unsur. Bila arah atau periodanya berganti, maka distribusi angka-angkanya juga akan ikut berubah. Hal ini menandakan adanya perpaduan antara dimensi waktu dan
arah atau ruang.

Taishui dan dimensi arah

Taishui juga dikaitkan dengan arah mata angin. Berikut ini adalah daftar arah Taishui pada setiap tahunnya. Rumah-rumah yang menghadap arah-arah tersebut hendaknya tidak direnovasi saat tahun berlakunya Taishui yang bersangkutan.

Pada tahun Tikus (Zi) Taishuinya berada di utara.

Pada tahun Sapi (Chou) Taishuinya berada di timur laut.

Pada tahun Macan (Yin) Taishuinya berada di timur laut.

Pada tahun Kelinci (Mao). Taishuinya berada di timur.

Pada tahun Naga (Chen) Taishuinya berada di tenggara

Pada tahun Ular (Si) Taishuinya berada di tenggara

Pada tahun Kuda (Wu) Taishuinya berada di selatan

Pada tahun Kambing (Wei) Taishuinya berada di barat daya

Pada tahun Kera (Shen) Taishuinya berada di barat daya

Pada tahun Ayam (You) Taishuinya berada di barat

Pada tahun Anjing (Xu) Taishuinya berada di barat laut

Pada tahun Babi (Hai) Taishuinya berada di barat laut

Contoh: rumah saya menghadap utara. Apakah pada tahun 2008 boleh direnovasi?

Jawab: Tahun 2008 adalah Wuzi atau tahun tikus (dapat dilihat pada almanak); jadi Taishuinya menghadap ke utara, karena itu rumah Anda tidak boleh direnovasi. Arah lainnya BOLEH direnovasi.

Pada zaman dahulu, para panglima perang menghindari berperang menghadap arah Taishui tahun itu, karena berpotensi menimbulkan kekalahan
 
Sumber : http://rek-myinspirator.blogspot.com/