Monday, March 11, 2013

Feng Shui Meja kerja

JAKARTA - Peletakkan meja kerja di kantor dipercaya sebagai salah satu elemen penarik energi positif (chi) yang berimbas pada produktivitas orang yang beraktivitas di dalamnya.

Untuk itu, tidak ada salahnya jika Anda mengubah sedikit letak meja kantor dan aksesorisnya agar keberuntungan dan kreativitas selalu menaungi Anda pada saat bekerja.

Meletakkan komponen peralatan kerja pun sebaiknya jangan sembarangan. Pasalnya, bisa menyebabkan salah menarik energi, bukan chi yang meliputi meja kerja Anda, tetapi malah energi negatif (sha chi).

Untuk itu ada baiknya Anda menyimak bagaimana seharusnya meletakkan meja kerja dan furnitur kantor lainnya agar sesuai dengan ilmu feng shui, seperti yang dikutip dari blog tips interior design, Sabtu (28/1/2012):

1. Perhatikan posisi meja kerja. Posisi meja kerja agaknya menjadi hal yang utama ketika menata ruang kerja Anda. Sebab, akan lebih baik jika Anda meletakkan meja di arah datangnya matahari.

Meja berbentuk L tidak bagus untuk kemajuan karier karena bentuknya diangap kurang prioposional denga tubuh manusia, oleh sebab itu, pilihlah yang model biasa dengan dimensi 150 x 80 cm.

2. Jangan menghadap dinding. Hindari duduk menghadap dinding atau membelakangi jendela. Sebab, hal tersebut kerap mendatangkan nasib buruk (bad luck) terhadap apaun yang Anda kerjakan di kantor.

Jika tidak ada pilihan lain, cobalah dengan memasang lukisan atau gambar pada dinding dibelakang Anda, atau jika terpaksa duduk membelakangi jendela, letakkan cermin di atas komputer atau meja sehingga bad luck bisa dihindari.

3. Letakkan jaket atau blazer Anda pada sandaran kursi jika bagian punggung dari kursi Anda membelakangi area aktivitas sibuk di kantor.

Misalnya, membelakangi ruang rapat atau meja kerja rekan-rekan Anda. Ini untuk melindungi Anda dari berbagai hal yang tidak nyaman.

4. Jika di belakang kursi ada rak buku terbuka, sebaiknya ubah posisi duduk Anda. Rak terbuka diyakini akan menangkap semua chi selama Anda bekerja seharian. Jika Anda tak mengubah posisi duduk, maka daya kreatif akan terhambat

5. Untuk dokumen penting, aturlah dengan rapi dan letakkan disebelah kiri meja. Dengan begitu akan memacu enegi chi yang  bisa meningkatkan prestasi kerja Anda. (rhs)

Sumber : http://property.okezone.com/read/2012/01/27/471/564902/tata-ruang-kerja-membawa-hoki