Wednesday, March 6, 2013

Apakah Akuarium Bagus Menurut Fengsui?

Bagi kebanyakan orang, memelihara ikan dalam akuarium merupakan sebuah hobi. Namun tak sedikit pula yang percaya bahwa memelihara ikan juga dapat membawa keberuntungan karena dapat melancarkan energi positif bagi pemilik rumah.
Nah...bagaimana sebenarnya pengaruh akuarium dari sudut keseimbangan dan kebijakasanaan fengsui? Berikut adalah kutipan tanya jawab dari rubrik konsultasi iDEAonline yang diasuk pakar fengsui Erwin Yap.

Tanya:

Halo,

Saya mau tanya. Di halaman depan rumah saya terdapat kolam ikan. Di bagian teras ada akuarium.
Apakah kolam dan akuarium ini bagus secara fengshui? Yang saya tahu, kalau kolam atau akuarium di depan rumah itu memberi efek bagus dan mengalirkan rezeki kepada penghuni rumah.

Terima kasih

Ta Tang Zee

Jawab:

Akuarium hanyalah suatu wadah air. Namun yang sering menjadi perhatian umum adalah jenis ikan apa yang ada di dalamnya. Dari sudut pandang fengshui, akuarium dapat dijadikan wahana penggerak Qi. Tentu saja perlu kita ketahui tipe Qi apa yang perlu diaktifkan.

Dalam fengshui Astagraha, kita kenal Qi jenis ShengQi dan FuWei, dua jenis Qi yang baik sekali. Gunanya untuk mendapatkan vitalitas, serta keseimbangan dalam kehidupan secara umum. Keduanya dikategorikan sebagai Qi yang berunsur kayu. Dalam siklus produktif lima unsur, unsur kayu dapat “diproduksi” oleh unsur air. Dengan demikian, baik sekali untuk menggerakkan ShengQi dan FuWei dengan menggunakan air.

Seperti halnya benda cair lainnya, air adalah zat yang selalu bergerak. Walaupun terlihat diam, molekul-molekulnya selalu bergerak. Dinamisnya perpindahan molekul air dalam suatu wadah inilah yang dapat kita gunakan untuk mengaktifkan ShengQi dan FuWei pada sektor tertentu dalam rumah. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan manfaat semaksimal mungkin dari kedua Qi yang sangat menguntungkan ini.

Namun perlu diperhatikan, dalam perhitungan metode yang lain, penempatan air tidak boleh sembarangan. Metode Bintang Terbang menganjurkan agar penempatan air pada periode waktu antara tahun 2004 sampai dengan 2043 hanya pada sektor Utara, Timur, Tenggara, dan Barat Daya. Praktik metode ini adalah untuk menghindarkan masalah-masalah yang tidak diharapkan, seperti kehidupan rumah tangga yang tidak harmonis, bahkan perampokan.

Sumber : http://carifengshui.blogspot.com/2012/11/apakah-akuarium-bagus-menurut-fengsui.html#more