Thursday, March 14, 2013

26 Macam Produk Feng Shui - 4

4. Produk Feng Shui yang dipercayai dapat menjaga kesehatan seseorang:

a. Wu Lou: Wu Lou (Calabash) adalah buah labu yang dulunya dipakai oleh para tabib Tiongkok untuk menyimpan obat. Menurut ilmu pengobatan Tiongkok, manusia dapat sakit karena dia terpengaruh oleh energi negatif (Sha Qi) yang terjadi ketidak-seimbangan pada organ tubuh sehingga pipa transpor energi pada titik meridian mengalami kesumbatan. Bagi para pakar Feng Shui penyakit juga bisa disebabkan oleh sebuah lingkungan medan energi rumah yang tidak sehat yang datang dari pintu utama rumah atau di sekitar ruangan tempat tidur. Oleh karena itu, Wu Lou sebagai simbol pengobatan dan penyembuhan di gantungkan pada sekitar area pintu masuk atau pada area ruangan rumah yang terdapat kombinasi bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lian Zhen (bintang 5), terutama jika terdapat anggota keluarga yang sakit. Bahan dari Wu Lou ini dianjurkan yang berbahan logam karena unsur logam dapat memperlemah dari kombinasi kedua bintang tersebut yang berunsur tanah! 



b. Pagoda 5 Unsur: Jika sebelumnya kita mengenal pagoda 9 tingkat, namun kali ini kita sebut dengan pagoda 5 unsur. Perbedaannya adalah pagoda ini bertingkat sebanyak 5 tingkatan, dan masing-masing tingkatan memiliki bentuk dari 5 unsur, yaitu mulai dari unsur tanah (bentuk persegi), kemudian unsur logam (bentuk bulat), lalu unsur air (bentuk trapesium), setelah itu unsur kayu (bentuk mangkuk), dan yang terakhir unsur api (bentuk lancip). Sekilas pagoda seperti ini tampak aneh dan tidak beraturan, namun kegunaannya dipercayai dapat menangkal energi negatif (Sha Qi) dari kombinasi bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lian Zhen (bintang 5) yang mendatangkan penyakit. Prakteknya letakkan simbol ini pada area yang terdapat gabungan kedua bintang tersebut atau pada area kamar tidur jika salah satu anggota keluarga sakit, agar dapat menangkal segala masalah kesehatan pada penghuni rumah!  



c. Air garam dan 6 koin Tiongkok: Cara ini cukup efektif untuk dipakai sebagai penangkal energi jahat dari kombinasi bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lian Zhen (bintang 5), serta San Sha (tiga energi pembunuh). Caranya cukup mudah, yaitu siapkan kontainer air kemudian isilah airnya sampai penuh. Masukkan garam dapur ke dalam larutan air sampai 3/4 penuh, setelah itu celupkan 6 koin Tiongkok dengan bagian Yang (4 huruf) berada di sisi atas. Janganlah menutup kontainer ini dengan penutup dan biarkan saja garam dalam air tersebut mengkristal sampai menutupi kontainer. Anda bisa mengganti kontainer yang baru 3-4 bulan sekali, dengan catatan semua benda yang dipakai harus baru sedangkan air garam dan 6 koin Tiongkok yang lama harus dibuang! Selalu tempatkan benda ini hanya pada sektor - sektor rumah yang terdapat kehadiran bintang Ju Men (bintang 2) dan bintang Lian Zhen (bintang 5), atau di sektor San Sha (tiga energi pembunuh). 


5. Produk-produk Feng Shui lain yang sering dipakai:

a. Akuarium ikan: Banyak para master Feng Shui yang selalu merekomendasikan peletakkan akuarium ikan di dalam rumah ataupun membangun kolam ikan di area taman rumah. Setidaknya ada 2 motif dari penggunaan produk ini, yang pertama ikan dalam bahasa Mandarin: Yi juga bisa diucapkan dengan arti kekayaan. Kedua air merupakan simbol kekayaan menurut teori Feng Shui klasik. Air juga melambangkan kebijaksanaan yang notabene jika pemikiran kita bijaksana, maka kita dapat dengan smart mencari uang! Jenis ikan yang dipakai bisa bervariasi mulai dari ikan arwana, ikan koi, sampai ikan mas. Apapun jenis ikan yang kita pakai tidaklah terlalu penting yang penting terdapat pergerakan air dari akuarium, karena adanya pergerakan inilah menimbulkan energi Yang (positif) agar dapat menarik keberuntungan materi. Sedangkan jumlah ikan yang dipakai umumnya bervariasi dari simbolisnya, seperti 1 ekor warna putih dan 6 ekor warna hitam. Penempatan akuarium yang baik untuk tahun 2008 adalah di sektor timur rumah, karena bintang kekayaan hadir di sektor ini! 




b. Air mancur: Seperti halnya akuarium, air mancur juga memiliki fungsi yang sama hanya saja peletakkan air mancur hiasan seperti ini lebih banyak di luar rumah. Peletakkan air mancur biasanya membutuhkan perencanaan yang akurat dari master Feng Shui agar dapat menarik energi kekayaan ke dalam rumah, jika salah maka akan menimbulkan malapetaka bagi penghuninya! 



c. Abakus: Abakus atau sering disebut dengan sempoa adalah alat hitung orang Tiongkok yang mana dalam praktek Feng Shui kita memakainya untuk proteksi ataupun menarik keberuntungan materi jika menempatkannya dalam meja kasir. Sebagai proteksi, Anda bisa menempatkan abakus untuk melawan segala macam energi jahat (Sha Qi) seperti sudut runcing bangunan tetangga, jalan tusuk sate, dsb. 



d. Tanaman hidup: Sebagian para master Feng Shui juga menganjurkan untuk menanam tanaman hidup di area luar rumah, seperti pohon jeruk, pir, apel, dsb. Intinya segala macam buah yang terlihat bagus dan manis. Peletakkan tanaman ini bisa pada bagian sektor depan rumah yang hilang atau sekedar menempatkan pada area kebun dan terlihat oleh semua orang, sebagian praktek yang lain dianjurkan untuk menempatkannya pada bagan bintang terbang (Fei Xing) yang terletak pada sektor tertentu! 


e. Lukisan: Lukisan adalah salah satu simbolisme yang dipakai agar menciptakan suasana yang indah dalam ruangan. Menurut teori Feng Shui kuno, segala sesuatu yang indah akan menciptakan Sheng Qi (energi kehidupan), maka seyogyanya lukisan dapat memberi kita perasaan yang nyaman dan tenang. Lukisan Feng Shui yang dipakai bisa bervariasi, seperti lukisan kuda melambangkan karir yang mantap, lukisan ikan yang melambangkan kekayaan, lukisan bambu yang melambangkan panjang umur, lukisan naga dan harimau yang melambangkan otoritas, dsb. Penempatan lukisan biasanya di area Sheng Qi atau pada bagan bintang terbang tertentu di dalam rumah yang juga merupakan tempat berkumpulnya keluarga! 


Pada kenyataannya ada lebih dari 26 macam produk Feng Shui, karena Feng Shui simbolis seperti ini lebih banyak dipakai untuk kepentingan bisnis daripada perbaikan Feng Shui maka hampir setiap tahun dikembangkan variasi produk-produk yang baru. Dari sebagian praktek, aspek fungsional dari obyek yang dipakai bisa bertukar tempat atau berubah. Sebagian dari obyek tersebut hanyalah bersifat kepercayaan, sebagian yang lain memiliki hubungan pada teori Yin-Yang dan 5 unsur. Apapun produk yang Anda pakai yang penting Anda menyukainya dan meletakkan pada area sektor yang tepat! Selamat mencobanya…. 

Sumber : http://www.klikfengshui.com/artikel/tips&trik/produk3.php