Tuesday, March 19, 2013

FENG SHUI KAMAR TIDUR

Tempat beristirahat yang paling nyaman di rumah adalah ruang tidur. Selain bisa memberikan Anda ketenangan, juga mampu menghilangkan rasa penat setelah seharian berutinitas. Mengingat setiap orang dewasa membutuhkan istirahat ideal selama delapan jam sehari selepas satu hari penuh bekerja dan untuk memulihkan kembali enegri yang telah terkuras. Meski begitu, jika suasana kamar tidur Anda tidak cukup mendukung, maka kualitas tidur yang dirasakan jadi kurang maksimal.

Ada baiknya, semua keserasian dan keselarasan antara suasana dan keadaan kamar tidur Anda harus benar-benar terjaga dan sesuai dengan kepribadian yang dimiliki. Banyak alternatif atau cara untuk mendapatkan informasi bagaimana kita memperoleh kenyamanan dan ketenangan saat berada di kamar tidur.

Salah satunya adalah dengan mempelajari ilmu feng shui, yaitu ilmu topografi kuno Tiongkok yang menggunakan prinsip-prinsip dalam filsafat Timur atau Cina yang mencari keseimbangan aliran energi di dalam rumah. Prinsip tersebut memiliki tujuan untuk menyeimbangkan Yin-Yang dan aliran Chi.

Namun tidak bisa disangkal, banyak orang awam menganggap feng shui sebagai ilmu mistik dan dianggap bertentangan dengan agama yang mereka anut. Sebaliknya, feng shui hanyalah sebagai salah satu seni Cina kuno dan tergantung bagaimana kita mempergunakan sekaligus memahami manfaatnya secara positif buat kita.

Sehingga tidak ada salahnya juga, Anda mempelajarinya dengan mengambil hikmah baik yang terkandung di dalamnya. Seperti halnya tentang bagaimana memiliki kamar tidur yang nyaman dan tenang melalui penerapan ilmu feng shui. Berikut adalah beberapa panduannya.

1. Posisi Tempat Tidur
Ada baiknya hindari menaruh tempat tidur tepat di samping kamar mandi kamar. Karena udara dingin yang dihasilkan tidak sehat. 
Atau jika terpaksa, Anda bisa menggunakan sekat. Juga jangan menempatkan tempat tidur dengan posisi kaki Anda tepat menghadap pintu saat tidur. Karena pada budaya Cina kuno, ini menyimbolkan arah penempatan peti jenasah sehingga tidak baik bagi peruntungan.

2. Tutup Semua Pintu
Dengan maksud baik, tutup semua pintu dalam kamar Anda menjelang tidur. Baik pintu keluar masuk atau kamar mandi dalam, begitu juga kalau terdapat jendela. Hal ini akan memungkinkan menjaga aliran energi Anda di dalam kamar, dengan tujuan untuk menghindari udara tidak sehat dari luar ruangan.

3. Selalu Dalam Keadaan Rapi
Menurut feng shui, kamar tidur harus selalu rapi untuk kesehatan Anda. Begitu pula dengan tempat tidurnya secara keseluruhan. Jangan biarkan bantal, guling, dan selimut berantakan di lantai, jarang diganti atau tidak diperhatikan kebersihannya. Karena secara pemikiran logis, Anda tetap harus menjaga kebersihan kamar dan keindahan isinya.

4. Pemilihan Warna Ruangan
Gunakan warna yang menyejukkan dan lembut untuk mencapai keseimbangan feng shui di dalam kamar tidur Anda. Berilah sentuhan warna dinding yang membuat nyaman saat tidur, karena ini akan mempengaruhi suasana ruangan secara keseluruhan. Tujuannya agar merasa tenang dan terlelap nyenyak hingga pagi menjelang.

5. Pencahayaan Redup
Maksudnya, saat menjelang menutup mata ketika ingin tidur gunakan penerangan dalam kamar yang tidak menyilaukan. Selain efeknya bisa membuat cepat tidur, lampu redup juga bisa membuat Anda tetap rileks, nyaman dan aman, walau sedang tidur karena keadaan yang tidak terlalu gelap.

6. Matikan Seluruh Peralatan Elektronik
Jika sebelumnya Anda sering melihat televisi sebelum tidur dan hanya mengaktifkan tombol stand by, kini saatnya benar-benar mematikannya.
Selain menghemat listrik, juga menghindari terjadinya rasa kembali ingin menonton lagi. Dan pancaran gelombang elektromagnetiknya tidak mempengaruhi Anda saat sedang terlelap.

7. Membuka Jendela
Bukalah jendela setiap pagi hari jika memang kamar tidur Anda memilikinya. Tujuannya agar terjadi perubahan udara dalam ruangan, sehingga kesegaran sirkulasi dalam kamar tidur tetap terjaga. Karena akan mempengaruhi kualitas tidur Anda di malam hari dan tetap bersemangat saat bangun di pagi hari.

8. Hiasan Dalam Kamar
Untuk yang satu ini jenisnya sangat beragam. Seperti meletakkan sebuah akuarium kecil berisi ikan mas koki atau ikan mas biasa dan foto binatang kesayangan, karena  menurut ilmu feng shui ini bertujuan untuk mendapatkan kekayaan. Sebaliknya, jangan membiarkan sampah berserakan di dalam kamar, karena selain kotor juga akan menghalangi rejeki masuk.

Beberapa poin-poin di atas pada intinya akan meningkatkan kualitas istirahat Anda, dengan memperhatikan kenyamanan dan tata letak perabot dalam kamar tidur. Melalui feng shui, Anda akan mendapat keharmonisan dalam hidup yang tentunya dipengaruhi oleh cara seseorang beristirahat dan mengelola kamar tidur miliknya.


Sumber : http://agungrealty.blogspot.com/p/rubrik-tips-feng-shui.html