Wednesday, March 21, 2012

Cara Merawat Busi

Kabel busi merupakan part yang umurnya jarang lama sehingga beberapa bulan sekali ada kabel-kabel yang bocor atau bahkan putus, rusaknya kabel-kabel busi bisa disebabkan oleh kualitas kabel itu sendiri atau dari gigitan tikus yang suka bermain-main diruang mesin mobil. Sebenarnya dipasaran sendiri banyak dijual kabel busi bagus yang tahan lama dan benar-benar tahan panas sehingga pemakaiannya cukup panjang serta anti tikus.
Gejala-gejala kabel busi putus biasanya kinerja mesin terganggu seperti brebet, mesin terasa ajrut-ajrutan bahkan boros namun ada kejadian paling menakutkan dari bocornya kabel busi yaitu kebakaran. kenapa bisa kebakaran? karena kabel busi yang bocor menimbulkan lompatan api (percikan) sehingga menimbulkan sengatan terlebih lagi jika selang bensin bocor, tetap selalu cek selang bensin nya ya.

bagaimana cara cek kebocoran kabel businya?, mari kita ikuti langkah-langkah seperti ini :
1. nyalakan mesin mobil timor anda
2. buka kap mesin
3. cabut salah satu kabel busi, terserah yang mana saja tapi lebih baik dari yang paling ujung dulu.
4. disaat mesin pincang, perhatikan bagian kabel businya, apakah ada percikan apinya atau tidak.
5. pasang kembali kabel busi yang dicabut lalu cabut kabel lainnya sampai bertemu dengan percikan api nya.
catatan :
usahakan untuk mengeceknya pada malam hari atau di ruangan yang gelap karena akan lebih terlihat api yang keluar dari kabelnya.
cara ini juga bisa sebagai pengecek busi, apabila mesin pincang, cabut salah satu kabel businya dan dilihat perubahannya, ketika salah satu kabel busi dicabut mesin tetep pincang berarti busi di kabel busi tersebut yang mati namun apabila tambah pincang berarti busi tersebut tidak ada masalah.
jangan mencabut kabel busi disaat tangan basah atau lembab, tangan kering saja sedikit ada rasa-rasa kesetrum lho hehehehe…
cukup satu kabel busi saja yang dilepas untuk pengecekan, istilahnya cabut pasang cabut pasang, kabel koil yang bocor juga bisa dicek dengan cara seperti ini. lompatan api atau percikan api tidak selalu ada pada bagian kabelnya, terkadang percikannya ada di deket pulley atau timing belt (kok bisa ya?).
apabila terdapat kabel busi yang bocor, cukup ganti dengan yang baru tidak perlu ganti semua namun tetep beli kabel businya harus satu set dan sisanya bisa buat cadangan. jangan mengakali kabel busi bocor dengan lakban atau di lem karena tidak akan lama lagi akan mengalami kebocoran, tapi untuk keadaan sementara tidak apa-apa.

Sumber : http://s515i.com/?p=930