Wednesday, March 21, 2012

Cek Selang Bensin


Selang bensin terkadang menjadi bagian hal yang terlupakan oleh sebagian pengguna roda empat, padahal kalau kita telusuri dari semua penyebab kebakaran mobil berasal dari bocornya selang bensin. Memang jika kita lihat, penempatan selang bensin sangat terpencil dan terhalangi oleh part-part lainnya sehingga kita malas untuk mengeceknya, apalagi kita hanya melihat selang bensin hanya lewat fisiknya saja tanpa pengecekan secara detail.
Cara pengecekannya mudah kok, cukup membuka filter bensin atau cukup dengan menekan-nekan selang bensin. Apabila tangan berbau bensin menyengat berarti selang mengalami kebocoran, apalagi jika sampai mesin menyala, terdapat banyak tetesan halus bensin dari selang tersebut. Seperti pengalaman Om Derry Talu yang baru tahu jika selang bensin bagian bawah filternya bocor, beruntung dia secara tidak sengaja melihat selang bensinnya mengalami getas.


sobek kecil
Lalu beliau membeli selang bensin di toko yang merupakan toko kepercayaannya, namun lagi-lagi dari para master mengingatkan jika selang yang dia beli bukanlah selang yang cocok untuk mobil karena karakter selang yang dia beli sangat lemas seperti selang akuarium dan benar-benar hanya karet tanpa lapisan pelindung kasar seperti kain. Penggunaan selang bensin juga tidak boleh main asal pasang, mengingat faktor keselamatan yang jika di hiraukan bisa merugikan harta benda.


mengelupas bagian luarnya
Sebenarnya membeli selang bensin asli merk Kia atau hyundai sudah cukup bagus kualitasnya namun apabila kita masih diragukan dengan produk tersebut, silahkan ke bagian Toko penjual part mobil eropa dan mereka biasanya menjual selang yang sudah dipotong 30cm – 1Meter dengan harga diatas 100ribu rupiah. Walaupun kita membeli selang dengan harga mahal, tetap saja perlu kita cek dan periksa keadaannya, apalagi sekarang sering kejadian mobil terbakar yang tidak hanya menghanguskan mobil buatan korea atau jepang, mobil eropa pun sudah pernah terbakar di jalanan.

Apa sih yang membuat selang bensin rusak / bocor :
-         di Gigit Tikus atau binatang lainnya
-         faktor usia pemakaian
-         kualitas karet selang
-         keteledoran mekanik ketika servis kendaraan
Apabila ruang mesin tercium bau bensin, segeralah periksa selang-selang mobil anda demi keselamatan bersama.

Sumber : http://s515i.com/?p=1003