Thursday, March 15, 2012

Membersihkan Ornamen Krom Pakai Minyak Kayu Putih Atau Bedak

 
JAKARTA - Agar tampilan mobil lebih menarik banyak cara yang dilakukan oleh pemiliknya. Salah satu contohnya mengganti pelek standar dengan pelek aftermarket  yang dilapisi krom.

Selain memberikan kesan bersih dan kinclong, krom dapat juga cocok diaplikasikan untuk modifikasi mobil yang bertema elegan. Namun merawat part yang dilapisi krom memerlukan trik khusus agar lapisan krom tetap bagus dan tak merusak.

Seperti Firlana Bunga Fatimah yang selalu menjaga kebersihan mobilnya. “Kebersihan krom harus dijaga, sebaiknya jika habis kena air hujan langsung siram dengan air bersih agar tak menimbulkan flek,” ujan mahasiswi semester lima Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini (Gbr. 1).
Tips merawat pelek di atas diamini Barto sang spesialis pelek. “Kalau bisa, mencuci pelek krom jangan menggunakan sabun, cukup siram dengan air bersih lalu keringkan menggunakan lap chamois,” ungkap si empunya Barata Ban di bilangan Bambu Apus, Jaktim.

Setelah dicuci dan dikeringkan, sebagai finishing gunakan lap berbahan kaos lembut lalu tuangkan minyak kayu putih secukupnya dan ratakan ke seluruh bagian krom (Gbr.2). “Minyak kayu putih bagus digunakan untuk menjaga krom agar tetap mengilap,” tambah pria berbadan subur ini.

Lalu, untuk membersihkan ornamen krom lain pada bagian mobil caranya nyaris sama seperti di atas. Namun selain minyak kayu putih ada juga alternatif lain untuk merawat krom. “Bisa juga gunakan talc atau bedak bayi untuk merawat krom. Caranya bersihkan dulu lapisan krom lalu taburi bedak setalah itu dilap,” ungkap Ozi dari Kinclong Chrome, di Bekasi (Gbr.3).

Mudah dan terjangkau jika dibandingkan harus membeli chrome polish.  (mobil.otomotifnet.com)

Sumber : http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/12/13/326245/200/28/Membersihkan-Ornamen-Krom-Pakai-Minyak-Kayu-Putih-Atau-Bedak.