Sunday, March 11, 2012

Mesin pincang dan air radiator berkurang.

Mobil Timor itu aneh tapi apa semua mobil itu aneh ya, kalau jarang dipakai malah jadi aneh mesinnya. hal ini terjadi sama mobil saya yang biasa saya panggil Sillux, sudah hampir 2 bulan ini jarang bawa mobil kekantor karena macetnya kota bekasi di jalur tol semakin menggila dan waktu saya banyak terbuang dijalan raya cuma buat menikmati macet. akhirnya cuma sekedar dipanasin sama di elap-elap dari debu-debu yang melekat.
tiba-tiba saat setelah ISC dibersihkan, mesin mendadak pincang, bergetar hebat dan knalpotnya mengeluarkan asap putih lumayan pekat di iringi dengan air yang keluar dari knalpot. saya coba cek air radiator, ehm.. berkurang banyak, saya isi lagi tapi lagi-lagi mau habis karena air radiator keluar dari knalpot, nah…loh… sudah mesin pincang, air radiator berkurang, knalpot ngebul dan kluar air. masalah ini belum terpecahkan, tau-tau besoknya mesin mobil gak bisa distarter sama sekali, akhirnya selama 2 minggu mobil saya cuma ada digarasi, agak kesal dan dongkol.
hari sabtunya numpung dapet libur, saya cek satu persatu, saya awali dengan membersihkan iscnya lagi, ternyata karet seal isc yang bulat kotak tidak ada di iscnya, sepertinya terhisap kelubang anginnya. alhasil saya gunakan sealer merah dan pasang kembali sambil mengisi air radiator, tapi air radiator merembes ke sela isc nya, saya kira kena di waterpumpnya. hadeehh… apa-apaan lagi ini, satu persatu menjadi masalah namun dengan masalah tersebut saya jadi tahu kemana larinya air radiatornya sehingga bisa bikin radiator kering.
kembali bersihkan ISC dari air radiator, setelah kering dari air radiator baru lah saya kasih sealer item mengikuti jejak karet ISC nya. sambil nunggu kering sealer hitamnya, saya by pass selang radiator yang menuju isc untuk dilangsungkan saja, sehingga di isc tidak ada selang sama sekali. hal ini saya lakukan demi mencegahnya air radiator merembes lagi ke sela-sela isc karena karet seal isc nya sudah lenyap. ujung-ujung selang radiator yang sudah saya bypass, saya kasih sealer merah agar tidak ada kebocoran sekecil apapun. saya pasang lagi ISC nya dan kembali mengisi air radiatornya, beresss… tidak ada kebocoran sama sekali.
ajaibnya, mobil kembali hidup namun dengan mesin teramat pincang dan ngebul serta hanya mampu hidup beberapa detik saja. saya cek semua kabel businya, ada beberapa yang bocor dan saya berpikir untuk mengganti ke empat kabel businya berserta busi barunya. setelah semua busi dan kabel baru terpasang dengan apik, saya coba nyalakan, sulit…. coba terus… sulit… mesin sepertinya tidak mau hidup, kasian nih aki bisa tekor kalau distarter gak kuat-kuat.
minta bimbingan om uchen saung, saya disarankan memainkan timing pengapian, akhirnya saya mainkan pengapian dan perlahan-lahan mesin mulai hidup kembali walaupun mesin tetap bergetar hebat, knalpot pun ngebul, mirip sekali dengan kepulan asap bemo. akhirnya saya coba puter-puter delco untuk mencari pengapian yang pas, mesin mulai berangsur stabil seiring dengan asap yang sudah mulai berkurang kepekatannya. saya coba ajak berkeliling komplek untuk mengetes apakah kuat untuk jalan disekitar komplek atau malah mogok. setelah berputar satu putaran, HLA berbunyi kenceng, tek tek tek tek sampai masuk ke garasi pun bunyinya tidak hilang.
pas malam harinya, saya harus beranikan diri keluar rumah dan mencoba mobil di tol jorr dari jatiasih menuju kampung rambutan. mulai lah jam 12 malam saya coba keluar rumah dengan modal nekat, kalau mogok pun tidak bikin macet jalan dan tidak ada mobil derek yang sliweran mencari mangsa. sebelumnya saya sudah sms temen-temen sekitar kampung rambutan agar bisa stooring apabila ada masalah. setelah membayar tol jorr, mobilpun langsung dilaju kencang tapi perlahan-lahan dan stabil. mulai jalan pelan 40kpj, lalu naik 60kpj, terus tancap konstan 80kpj, gak sadar sampai 100kpj, akhirnya teken gas terus sampai 140kpj.
Alhamdulillah mobil kembali normal, bunyi HLA lenyap entah kemana, hanya saja pedal gas sempat terjepit tidak mau balik lagi stelah di injek. terpaksa saya congkel pake tangan sampai pedal gas normal kembali, rupanya pedal gas mengalami kekeringan dibagian PER nya. mungkin besok pagi akan saya lumasi biar gak ada masalah yang sama, gawat juga kalau lagi ngebul tau-tau pedal gas gak mau balik lagi. terima kasih buat mang uchen yang sudah mau saya ganggu siang-siang, semuanya kembali normal kembali dan tidak ada trouble pas dibawa kenceng maupun pelan.

Sumber : http://s515i.com/?p=675#comment-2491