Wednesday, March 21, 2012

Mobil Timor kok Boros?

sudah banyak pertanyaan yang masuk ke redaksi s515i.com mengenai masalah mobil timor nya yang boros, rata-rata mereka mengeluhkan jika bahan bakar mobilnya cuma sanggup 1:5 saja dalam kondisi penggunaan normal dan AC hidup sedangkan saat AC mati cuma bisa 1:8 saja. hitungan seperti ini tergolong boros ya, kalau saya sendiri gak pernah menghitung 1 banding sekian tapi kalau kata temen yang ahli, mereka menghitung total konsumsi mobil timor bulux saya 1:11 penggunaan tanpa AC dan jalanan normal, sedangkan saat menggunakan AC bisa kena 1:8. saya sendiri akan memberikan tips atau info tindakan apa yang harus dilakukan agar mobil Timor om om sekalian menjadi ekonomis bahan bakarnya.
ada beberapa faktor yang mempengaruhi keborosan bahan bakar pada kendaraan, termasuk dari cara bagaimana mengemudikan mobilnya di jalan raya. Jangan 100% menyalahkan mobil yang anda miliki, tapi ingatlah apa yang sudah kita lakukan pada kendaraan kita karena pemilik kendaraan yang cuek merupakan faktor utama mobil menjadi boros, hanya bisa mengeluh tanpa mau ambil tindakan. berikut kiat-kiat untuk membuat mobil kesayangan kita tidak boros lagi :
1. lakukan tune up pada kendaraan anda, mulai dari bersih-bersih busi, filter bensin, isc, dan fitler udara. jangan lupa bersihkan Trotle body agar tarikan mobil enak.
2. atur ulang pengapian, baik delco, TPS, karbu atau lainnya. khusus untuk DOHC periksa ecu lewat scannernya, set ulang nilai yang ada di scanner, kalau potensionya rusak, ya mendingan cara manual melalui feeling.
3. Carbon clean ruang mesin anda, namanya juga mobil tua, pasti ada carbon yang melekat pada dinding mesin sehingga membuat mobil lemot tak bertenaga.
4. periksa tanki bensin dan leher angsa (lubang pengisian bensin), hal ini untuk memastikan jika tidak ada kebocoran pada bagian tersebut.
5. periksa juga pengapian seperti kabel busi, busi, koil dan kabelnya.
6. ukuran velg yang besar dapat mempengaruhi konsumsi bensin anda, terkadang saya dapat keluhan dari teman-teman mobilnya agak boros,  ternyata velgnya yang kelebaran dan besar melebihi standarnya.
7. periksa juga bagian part koplingnya, semakin jelek koplingnya, maka akan mempengaruhi kinerja akselerasi mobil anda. kopling yang sudah usang akan menahan akselerasi mobil sehingga kinerja mobil berat di tarikan awal.
8. periksa kebocran selang bensin, baik di ruang mesin maupun di bawah jok mobil.
9. periksa tekanan angin ban yang anda miliki, harus pas gak boleh lebih ataupun kurang dari tekanan yang dianjurkan.
10.periksa cara-cara anda mengendarai mobil, semakin anda sering ngebut secara tiba-tiba, semakin boros mobil anda.
Sebenarnya kebanyakan dari pengguna kendaraan mengalami rasa keborosan pada bahan bakar karena ulahnya sendiri. tidak belajar bagaimana cara menginjak dengan baik serta bermain kopling dengan benar. memang lebih mudah untuk berakselerasi secara apa adanya karena lebih mudah dibandingkan harus perlahan-lahan. ngebut-ngebut dijalanan atau tiba-tiba menginjak gas secara dalam bisa membuat konsumsi bensin boros, berikut tips yang mudah-mudahan bisa membuat mobil kita menjadi lebih irit sedikit.
1. Saat lampu merah, jangan menahan kopling atau rem, lebih baik tarik hand brake dan tunggu lampu merah sampai hijau, ini kebanyakan para pengendara masih menekan kopling sampai lampu hijau menyala. Tindakan seperti ini akan membuat plat kopling cepet habis dan konsumsi bbm lebih boros.
2. Ketika di tanjakan dan terkena macet, lebih baik mainkan handbrake daripada harus memainkan setengah kopling agar mesin tidak mundur kebelakang.
3. Jangan menggunakan gigi tinggi saat berjalan pelan, mungkin timor agak kurang enak jika pelan menggunakan gigi satu, tapi sebenarnya bisa jika kita tahu berapa jumlah tekanan gas ketika gigi satu.
4. Matikan AC apabila kondisi cuaca sedang sejuk, terkadang pengendara sendiri kedinginan saat menggunakan ac dan berpikir jika AC mobil harus menyala terus saat mobil hidup.
5. Matikan AC jika anda sedang berada di daerah jalan yang penuh dengan tanjakan, demi membuat kinerja mesin lebih ringan.
6. Jangan sering melakukan rem mendadak, jaga jarak antar mobil dan tetap safety berkendara.
7. Injek gas secara perlahan dan tidak mendadak walaupun anda ingin berakselerasi penuh ketika jalanan lenggang, jangan langsung injek gas dalam-dalam karena hal ini akan membuat bensin cepat menyembur tetapi tenaga tidak 100% dapat secara sempurna. bukaan gas dan kopling pun harus seimbang serta tidak saling berlebihan.
8. Lebih baik menetralkan perseneling ketika mobil terjebak macet, ketika merayap gunakan setengah kopling dan netralkan kembali.
9. Atur emosi anda saat berkendara dan utamakan sabar ketika sudah lepas landas di jalanan umum.
10. gunakan kendaraan dimana anda memang membutuhkan mobil untuk perjalanan jauh atau sedang membawa barang bawaan yang banyak.
semoga tips yang saya tulis membantu para pembaca dalam mengiritkan konsumsi bbm kendaraan anda. tetap berhemat karena minyak bumi adalah zat yang tidak bisa di perbaharui lagi. jika kita bisa menghematnya, maka yang untung kita-kita juga. mohon maaf jika ada kesalahan menulis karena saya juga sedang belajar menghemat dari segi kendaraan maupun attitude nya.

kalau ada temen-temen ada tips buat hemat bbm, bisa share disini ya

Sumber : http://s515i.com/?p=949