Wednesday, March 21, 2012

Karbu Timor sering kehilangan bensin (kosong)

Cek kondisi Fuel Pumpnya dulu :
1. Coba Om cabut selang bensin yang nancep kebody karbu (setelah fuel pump),,klo udah dicabut,,arahkan ujung selang yang udah dicopot kedalam botol akua,,minta rekan supaya stater mobil,,naah klo membran Fuel Pump bagus,,ketika mesin distater,,bensin akan muncrat,,Klo puncratan kecil,,mungkin membrannya lemah (atau mungkin dak cocok karena om pake punya mazda)..

Klo fuel pump masih nyembur kenceng,,baruu pindah ke karbunya….
1. Coba buka filter hawa beserta bodinya,,simpan ditempat aman,,
2. Setelah dibuka,,minta rekan untuk stater mesin lagi,,Om tinggal liat apakah lobang pilot jet / spuyer karbunya pas distater nyemprot bensin atau enggak,,klo ternyata nyemprot,,berarti kasusnya bukan bensin telat naik,,melainkan ada kendala teknis lain.

Klo ternyata pas distater gak ada semburan bensin yang keluar dari lobang pilot jet / spuyer,,kemungkinan memang ada masalah dikarburatornya,,kasus yang sering terjadi adalah :
- Ada paking yang sobek,,jadinya masuk angin dan bikin ngempos,,
- Setting baut setelan angin gak bener,,
- Klo perkara pelampung kayaknya gak ngaruh Om,,,tapi klo filter kecil yang ada dibawah pelampung,,bisa jadi itu penyebabnya..

Mudah kok Om..
setelah karbu dibuka 1/2,,(atasnya doang),,cabut pelampung dan jarumnya,,simpan ditempat aman,,
nah dibalik dudukan pelampung tsb,,om pasti temuin ada baut spuyer besar yang harus dibuka pakai obeng minus besar,,,Om buka dah,,
klo udah kebuka,,baut tsb memang mirip spuyer,,namun ujungnya ada saringan kecil,,dan biasanya saringan tsb penuh sama kotoran..
Om semprot2,,pasang kembali,,dan coba stater lagi..

Klo masih gak beres juga,,jangan panggil mekanik umum,,apalagi yg cuma pegang mobil karbu konvensional biasa,,soalnya dari hasil pengalaman,,bukannya tambah baik,,malah tambah kacau,,belum lagi cemoohan yang keluar dari mulut mereka “klo di kijang gak begini,,,” “klo sedan jepang gak ribet begini..”,,,padahal emang ilmunya aja yang memang cuma ngerti sedan jepun doank..
Om kudu segera cari mekanik yang pernah tangani karbu timor,,syukur2 bisa ke bengkel rujukan…

sumber : http://s515i.com/?p=979