Thursday, March 15, 2012

Mencegah Pelek Chrom / Krom Agar Tidak Menjadi Kusam

 Aplikasi pelek berlapis krom memang bisa membuat tampilan mobil jai kelihatan beda dan lebih keren. Tapi memakai pelek krom jenis ini membutuhkan perawatan yang baik, karena kalau enggak di rawat bukannya bikin tampilan mobil jadi keren tapi malah dapat membuat kesan sebagai mobil menjadi jorok.
Untuk mempertahankan kemilau pelek berlapis krom, perawatannya harus lebih ekstra, karena noda aspal, berak air yang di bersihkan dengan cara yang salah. Bisa membuat lapirasan krom menjadi rusak, timbul baret halus yang membuat permukaannya terlihat kusam.
Nah.. daripada harus melapis ulang lapirsan krom atau mengganti dengan pelek yg baru , langkah yang harus di lakukan yaitu dengan cara merawat dapat menghemat pengeluaran anda bukan.
Untuk mencegahnya kekusaman pada pelek krom, ikuti langkah dibawah ini :
1.       Janganmencuci belg saat mobil baru digunakan, sebaba velg yang masih panas akan menimbulkan jamur jika langsung di siram air sebaiknya tunggu sampai dingin
2.       Pastikan ruang dalam fender bersih agar kotorannya tidak jatuh dan menempel ke velg
3.       Setelah itu, baru giliran velg. Setelah di siram, gunakan shampoo atau cairan khusus. Untuk yang berwarna krom, pakai cairan khusus krom untuk menghindari risiko lapisan mengelupas.
4.       Segera bersihkan pelek jika terkena guyuran hujan ataupun melewati genangan air. Jika anda melewati genangan air yang berawal dari lupapan parit, tidak cukup hanya mengunakan air. Anda harus membersihkan dg bahan yang mengandung sabun agar segala kotoran bisa larut oleh sabun. Kotoran yang terlalu lama menempel bisa mengakibatkan pelek anda tidak mulus lagi sekalipun di bersihkan.
5.       Untuk sudut yang psulit di jangkau , gunakan kuas atau sikat gigi. Jika masih terdapat noda membandel, maka sebaiknya basahi dulu velg dan diamkan beberapa sat, baru kemudian di bersihkan
6.       Jika terlihat terlalu banyak kotoran, sebaiknya pelek disiram dulu dgn air bersih baru di keringkan dg lap bersih dan halus seperti lap micro fiber untuk menghindari baret halus.
7.       Untuk membersihkan noda yang sulit di hilangkan jangan menggunakan bensin atau pembersih  gunakan sikat gigi pada permukaan. Gunakan obat pembersih khusus untuk lapisan krom (chrome polish) berkualitas baik yang beredar di pasaran
8.       Yakin sudah bersih ? keringkan veleg dg lap charmois
9.       Khusus untuk velg krom, jika ingin benda ini kinclong, maka di taburi bedak, kemudian di gosok dg lap bersih anda juga bisa mengunakan wax khusus warna krom

Sumber : http://mobil-honda.blogspot.com/2011/12/mencegah-pelek-krom-jadi-kusam.html