Wednesday, March 21, 2012

Agar pintu terasa lembut bantingannya

saya sendiri merasa risih ketika pintu mobil harus dibanting dulu atau di dorong kencang agar pintu dapat tertutup dengan rapat, karet-karet pintunya sih masih bagus, cuma mungkin lock nya sudah tua sehingga daya cengkram ke pengungkitnya kurang mantab. malah beberapa kali lamput pintu masih menyala karena penumpang kurang rapat menutup pintunya, apalagi kalau mesin menyala pasti ada getaran dari pintu yang kurang rapat tertutup itu.
saya curhat sama sahabat sepertimoran bernama Kribi (nama samaran), dia ini jago dalam hal utak atik mobil timor. setelah itu saya disarankan untuk membuat ganjalan dari ban bekas pada pengukit pintu mobil, saran tersebut tidak saya lakukan namun agak saya rubah biar lebih ekonomis lagi dan mudah, karena yang dia sarankan harus membuka tutup dalam pintu hingga terlihat dalaman kunci pintunya.
mungkin cara saya bisa jadi inspirasi kawan-kawan semua dalam mengurangi bunyi jeduk dan punyi patahan saat membuka dan menutup pintu mobil. bahan-bahan yang saya pergunakan simpel aja kok, hanya butuh selotip lakban berwarna hitam yang biasa buat membungkus kabel dan sebuah pisau/gunting/cutter untuk memutuskan sambungan selotip.
cara nya :
buka pintu lebar-lebar agar tidak mengganggu dalam pemasangan selotip lakban ke tuas pengungkit kunci pintu.

nah ini pengungkit pintunya gan, entah namanya apa tapi saya memberi namanya pengunkit.

setelah itu, dicoba bersihkan dahulu area yang ingin kita beri selotip biar selotip menempel secara mantab tanpa halangan. setelah dibersihkan, biarkan area yang ingin kita solasi bersih dari sisa-sisa pembersihan.

kalau udah bersih mari kita selotip.
cukup memberi selotip pada bagian tuas yang menjadi penutup pintunya, tidak perlu semuanya, ya tapi kalau mau rajin gapapa sih silahkan saja. kalau saya memang ingin berhemat karena masih banyak yang membutuhkan solasi untuk membukus kabel grounding hehehe…
setelah disolasi, coba anda tes, pasti saat menutup dan membuka pintu mobil, jadi lebih halus tanpa harus membanting pintu terlalu keras. ya walaupun memang harus masih pake tenaga untuk menutup pintunya, gak otomatis menutup mengunci rapat.
terima kasih buat kribi (dicky santoso chan) atas tips nya ya… maaf tidak memakai ban dalam karena dirumah tidak punya stok ban dalam.

Sumber : http://s515i.com/?p=61#comment-2492