Wednesday, March 21, 2012

Menjaga Kenyamanan didalam Kabin Timor

Kebersihan kabin dalam kendaraan roda empat merupakan cerminan dari pemilik mobilnya, apabila suasana kabin tersebut kotor, bau ataupun apek dipastikan image pemilik mobil akan jelek dan tergolong manusia yang cuek terhadap kebersihan. Penumpang pun merasa tidak nyaman bersama pemilik mobil yang jorok bahkan efek panjangnya anda akan kesulitan mencari jodoh jika anda mencari jodohnya menggunakan mobil. cara membuat kabin mobil menjadi nyaman sebenarnya mudah, tidak perlu sering-sering kesalon yang menghabiskan biaya ratusan ribu, cukup modal seratus ribu maka anda akan membuat kabin mobil anda terasa wangi dan nyaman.
Saya sendiri membagi tiga faktor kenyamanan didalam kabin Timor, keharuman, kebersihan dan udara. Ketiga faktor tersebut adalah penentu kenyamanan mobil saya, membuat saya menjadi percaya diri saat membawa penumpang, apalagi dikantor saya mendapatkan gelar pemilik mobil paling rapih dan wangi (fakta pendapat dari para penumpang mobil saya). Setiap seminggu sekali saya membersihkan kabin dari sampah-sampah yang berserakan, maklum diantara para penumpang masih saja suka membuang sampah sembarangan, apalagi sampah makanan yang kalau tidak dibuang lambat laun akan mengeluarkan bau yang tidak sedap.
Faktor Keharuman
mobil harum atau wangi adalah dambaan wanita, mana ada wanita yang suka dengan mobil yang bau apek apalagi bau tanah namun wangi didalam mobil tidak boleh berlebih karena akan menyebabkan alergi dan pusing tidak karuan bagi yang sensitif terhadap bau. Saya sendiri hanya modal 50ribu untuk memberikan keharuman pada kabin mobil saya, saya membeli pengharum import bermerk ‘car scent’ kaleng (maaf bukan promosi), alasan saya menggunakan pengharum ini karena wanginya tahan lama, dikantor menggunakan pewangi ini dan sudah hampir 3 tahun wanginya masih terasa. Apalagi pewangi mobil ini tidak menyengat baunya, kalau saya membuka kalengnya, nampak wangi tersebut berasal dari kotak kayu yang menjadi sumber wewangian, apabila wanginya sudah berkurang saya tinggal menyemprotkan air ke kayu tersebut dan wangi tersebut akan muncul kembali.

sudah 2 tahun tapi wanginya tetap terasa...
Harga dipasaran sekitar 40ribuan, saya punmenaruh kaleng tersebut diatas dashboard karena pewangi ini akan mengeluarkan keharuman jika mengalami getaran, terbukti saat melakukan pengetesan dengan cari mengayun-ayunkan atau mengocok-kocok kaleng. Kebetulan didashboard saya ada bulu-bulu untuk mencegah dasboard menjadi panas akibat terkena sinar matahari. Tiap beberapa hari sekali saya menyemprotkannya dengan pewangi pakaian yang anti kuman, harganya cukup murah, hanya 500perak dan bisa dibeli di toko-toko terdekat. Jika anda ingin udara AC menjadi wangi bisa mengikuti tips di artikel ini atau menyiramkan cairan molto di lubang evaporatornya.
Faktor Udara
apakah mobil anda terasa lembab?, atau suka ada bau yang tidak sedap seperti bau matahari?, bagi mobil yang suka terparkir lama dibawah terik matahari diwajibkan membuka jendela kira-kira 1cm agar udara didalam mobil bisa bersikulasi. Saya sarankan tidak langsung menyalakan AC ketika mobil berlama-lama dijemur dibawah terik matahari, tunggulah sampai udara tidak terlalu panas karena dapat merusak organ pernapasan anda jika udara panas dimobil bercampur udara dingin yang berasal dari freon. ketika mobil berada diparkiran terbuka dan terkena hujan, kita harus membuka jendela sedikit agar didalam kabin tidak lembab, cara ini saya sarankan jika mobil anda sudah dilengkapi talang air pada tiap-tiap pintu agar air hujan tidak masuk kedalam mobil ketika jendela dibuka sedikit.

dibuka sedikit jendelanya biar udaranya bagus.
Kopi bubuk juga bisa sebagai penangkal kelembapan kabin mobil, taro 5 sendok makan bubuk kopi kedalam wadah piring. Lalu taruh didalam kabin ketika mobil diparkir digarasi rumah atau diparkiran umum dalam jangka waktu yang lama. Bisa juga anda menaruhnya di kaleng kecil bekas pengharum agar tidak mudah tumpah ketika ada penumpang didalam mobil anda.
Faktor Kebersihan
kebersihan merupakan faktor terpenting penilaian seseorang terhadap diri kita, terkadang para pemilik mobil merasa cuek dengan tumpukkan tisu dikabin atau bekas jejak tanah yang lama-lama akan membuat kabin lembab. Seminggu sekali kita cukup membersihkan bagian dalam mobil, tidak perlu sering kesalon mahal ataupun murah, cukup bersihkan karpet kendaraan yang kotor lalu membuang sampah-sampah berserakan pada kabin mobil. apabila mobil terdapat banyak asesoris seperti boneka, mainan atau bantal, usahakan ditaruh dengan penataan terbaik agar penumpang nyaman dan tidak terlihat berantakan. Apabila memiliki perlengkapan bayi, usahakan perlengkapan tersebut tidak berantakan di dalam mobil, berikan ruang khusus dibagasi untuk perlengkapan bayi (non food). Saya sendiri paling suka membersihkan karpet tatakan alas kaki di Timor, karena karpet inilah yang paling gampang kotor apalagi setelah hujan deras pasti para penumpang datang ikut mobil dengan alas kaki yang kotor. Tanah belok nan kering menjadi hal yang tidak sedap dimata, mau tak mau harus saya bersihkan pada malam hari dan pada pagi harinya sudah kering sehingga sudah siap dipakai kembali.

ini bagian yang suka kotor, bikin amis...
Sebenarnya banyak cara agar kabinnya terasa nyaman tetapi 3 faktor ini rasanya sudah cukup baik diikuti agar kabin terasa nyaman. Jika dalam kabin kotor, berantakan, sudah pasti kemacetan akan terasa pahit sekali dinikmati, jika kabin bersih dan nyaman dijamin kadar stress kemacetan akan berkurang tidak terlalu tinggi. Apabila ada tips seputar kabin, bisa share lewat tawvic@gmail.com…

Sumber :  http://s515i.com/?p=231