Wednesday, March 21, 2012

Cara Menguras Radiator

Bahan-Bahan :
> Radiator Flus -/+ Rp. 15.000
> Air Accu biru (klo ada yg dikemasannya tertulis “Cocok/dapat digunakan untuk Radiator”) sekurang2nya 5 botol @ 1 Botol Rp 5000.
>Air ledeng yg sudah ditampung (ditiriskan, biasanya ibu2 yg enggak langganan air mineral galonan nyimpen air yg ditampung diember besar buat minum atau masak).
Alat2 :
Kunci 10, Jolang/ Ember ceper yg bisa masuk kekolong mobil, sarung tangan karet, (klo tangan tahan panas/ sakti mandraguna boleh gak pake sarung)
Caranya :
1. Malem2 sebelum tidur (besoknya mau libur), dalam kondisi radiator masih agak panas (tapi masih bisa dipegang) buka pelindung kolong mesin pake kunci 10 (terbuat dari fiber?klo masih ada).
2. Buka tutup drain radiator yg dibawah (warnanya putih, bisa dibuka pake tangan). Air panas akan mengalir keluar sedikit-sedikit dan hati-hati.
3. Buka tutup air radiator yg diatas. Hati-hati air akan keluar dengan derasnya.
4. Setelah air keluar semua, segera tutup kembali rapat-rapat tutup drain radiator dan tutup radiator yg diatas.  Lanjutkan Esok pagi. (KLO PERLU TEMPELKAN KERTAS DI STEER, TULIS “JANGAN DINYALAKAN, AIR RADIATOR SEDANG KOSONG”, soalnya takutnya lupa, besok langsung nyalain mobil trus jalan) rusak deh tuh radiator.
Proses diatas dilakukan, agar pada malam hari ketika raditor menjadi dingin, terjadi kevakuman pada ruang radiator, sehingga air pada botol cadangan akan terhisap ke Radiator.  Hal ini untukmenguji :
a. Jika terjadi kebocoran pada system radiator maka tidak akan terjadi kevakuman pada radiator, air cadangan tidak terhisap.
b. Tidak terhisapnya air cadangan juga bisa jadi disebabkan klep kecil pada tutup radiator sudah seret/tidak bekerja dengan baik.

c. Bocornya air radiator bisa juga disebabkan cincin karet pada ujung tutup drain sudah gepeng/rusak. Ganti tutup drain 27.500
5. Pagi2, lakukan kembali proses 2 dan 3.
6. Set switch AC off, stel posisi suhu AC pada ?heater? dengan menggeser tombol AC baris paling atas ke garis merah. agar saluran radiator utk heater terbuka, ikut dibersihkan.
7. Bilas radiator dengan cara : tutup drain radiator, isi radiator dengan air tamper/aqua gallon. Panaskan mesin kira-kira 5 menit, lakukan kembali proses 2 dan 3. proses ini diharapkan dapat mengeluarkan kotoran seperti pasir2 lembut dan bisa dilakukan berulang2 sesuai selera.
8. Setelah pembilasan cukup, masukan radiator flush, isi radiator dengan air biasa/ledeng untuk radiator sampe penuh, panaskan mesin sekurang-kurangnya 20 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan radiator flush.
9. Ulang proses 2 & 3
10. Bilas kembali seperti proses 7.
11. Isi radiator yg sudah bersih dengan air accu biru, kalo enggak pake coolant kira-+ 3,5-4 botol. Sisanya buat ngisi botol cadangan.
12. Klo enggak males, sebelum ngisi air cadangan, botolnya dibersihkan dulu.
13. Nyalain lagi mesin sebentar, trus buka lagi tutup radiator utk memastikan air radiator terisi full.
14. Jgn lupa pasang kembali fiber pelindung. Set kembali ac ke posisi normal/cool.
Salam Radiator Sehat

Sumber : http://s515i.com/?p=33