Monday, March 5, 2012

Cara Menghilangkan Bau Lumpur Pada Ikan


Pernah makan ikan bandeng yang dagingnya rasanya seperti tanah? Atau membeli ikan bandeng segar yang baunya seperti lumpur? Ikan bandeng yang berbau lumpur biasanya diambil dari perikanan tambak dimana ada beberapa janis plankton di tambak yang apabila dimakan oleh bandeng akan membuat daging bandeng jadi berbau seperti tanah. Cara menghilangkan bau lumpurnya gampang saja. Cuci bersih ikan bandeng, lalu oleskan cuka ke seluruh permukaan tubuhnya. Diamkan kira-kira 15 sampai 30 menit, lalu cuci bersih lagi. Ikan bandeng siap untuk diolah.

Sumber : http://dtips.net/tips-menghilangkan-bau-lumpur-ikan-bandeng/

 Cara menghilangkan bau amis pada ikan (untuk dimasak goreng atau bakar) :
1. Bersihkan ikan kemudian buang sisik dan insangnya sampai bersih. Bau lumpur dan amis biasanya berada pada insang dan sisik ikan.
2. Gunakan air yang telah dicampur dengan garam (dengan kadar garam 30%), cuci bersih ikan sampai ke dalam2nya.
3. Taburi potongan ikan tersebut dengan garam di kedua sisinya. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Minyak dari ikan tersebut akan keluar kemudian keringkan. Ini juga merupakan sumber amisnya.
4. Olesi ikan dengan air jeruk nipis dan jahe. Atau bisa juga dilumuri luluran jahe, bawang putih, ketumbar dan garam.
5. Untuk menghilangkan bau lumpur pada ikan goreng, sebelum ikan dimasukkan ke dalam minyak yang mendidih, masukkan sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak goreng. Bau lumpur akan hilang.
6. Setelah itu, bumbui dan masak ikan sesuai selera Anda.

Sumber : http://www.facebook.com/note.php?note_id=192412607187

pernahkan ketika anda menyantap hidangan ikan tapi masih terasa bau tanah ? ini biasanya terjadi pada ikan air tawar, kalau ikan laut biasanya tidak.

Nah Untuk menghilangkan bau tanah pada ikan, caranya sebagai berikut :

1. Bersihkan ikan, kalau terlalu besar potonglah beberapa bagian.
2. Rendam ikan yang telah dipotong-potong dg kunyit dan air garam untuk waktu yg lama (sekitar 1 Jam)
3. Ikan siap di masak.
4. Kalau ikan jadi terlalu asin karena lama di rendam, ikan di cuci lagi, baru di masak, untuk menyamarkan lagi, beri bumbu yang banyak.

Sumber : http://dapurpunyaku.blogspot.com/2011/04/tipscara-menghilangkan-bau-tanah-pada.html

Jakarta - Pernahkah Anda mendapati bau lumpur saat menyantap hidangan dari ikan? Kerap ditemukan bau bahkan rasa yang seperti terdapat lumpur pada ikan meski sudah dibersihkan sebelum dilakukan atau pada saat proses pengolahan.

Dengan bau dan rasa seperti terdapat lumpur di dalam ikan, tentunya akan membuat ikan tak lagi seenak dan seharum yang diinginkan, seperti rasa dan aroma khas ikan yang sedap pada umumnya. Meski dalam pengolahannya ikan sudah dibumbui sesuai keinginan.

Ikan yang biasanya sering mengalami bau dan rasa tanah dikenal dengan jenis ikan bawal hitam, ikan lele, ikan gurame, dan beberapa ikan tawar lainnya. Dan biasanya timbulnya bau dan rasa tanah disebabkan dari penanganan pembersihan sebelum proses pemasakan maupun ketika proses pemasakan ikan tersebut.

Untuk itu, diperlukan cara yang tepat untuk membersihkan ikan yang tepat sebelum diolah. Seperti dikutip dari Scribd, berikut cara menghilangkan bau lumpur pada ikan. Yakni cukup   buang insangnya sampai bersih betul.

Sedangkan cara lain yang dapat Anda lakukan sewaktu ikan digoreng adalah masukkan sepotong kulit roti tawar ke dalam minyak. Sehingga ikan kegemaran Anda pun akan terasa nikmat dan sedap, bebas bau dan rasa lumpur. (fty/fty)

Sumber : http://www.today.co.id/read/2011/03/10/15793/cara_menghilangkan_bau_lumpur_pada_ikan

Pernahkah ketika Anda menyantap hidangan ikan tapi masih terasa bau tanah? Ini biasanya terjadi pada ikan air tawar, kalau ikan laut biasanya tidak. Nah untuk menghilangkan bau tanah pada ikan, caranya sebagai berikut: 1. Bersihkan ikan, kalau terlalu besar potonglah beberapa bagian. 2. Rendam ikan yang telah dipotong-potong dengan kunyit dan air garam untuk waktu yang lama (sekitar 1 jam)

Sumber : http://blog-indonesia.com/blog-archive-12977-148.html