Monday, March 26, 2012

Tips membersihkan Interior Mobil Anda

Apa pengalaman tak nyaman ketika Anda memasuki kendaraan pribadi kawan Anda yang tak terawat? Mungkin pernah ketika pertama masuk kita dapat mencium bau yang tidak sedap dan sumpek.

Apa yang Anda lihat di luar, belum tentu sebaik yang di dalam. Hal ini biasanya terjadi ketika melihat mobil bertampilan keren, tetapi bagian dalamnya kotor dan bau. Jika tak mau dicap seperti ini, beberapa tips berikut dapat membantu Anda.

Paling tidak ada lima bagian utama yang harus diperhatikan dalam membersihkan interior mobil, yaitu dasbor, kaca mobil, jok kursi, karpet, dan lantai mobil.

1. Dasbor
Untuk membersihkan dasbor, gunakan kain kecil dengan daya serap yang baik agar dapat menjangkau pori-pori dasbor. Basahi kain kecil tersebut dengan cairan pembersih khusus, lalu dengan cermat bersihkan dasbor Berikan juga perhatian khusus untuk daerah di sela-sela AC yang biasanya menjadi tempat berkumpulnya debu.

2. Kaca mobil
Debu yang menempel di kaca mobil dibersihkan dengan lap microfiber yang bersih. Lap yang kasar

dan kotor sebaiknya tidak digunakan karena dapat menggores kaca. Dalam keadaan basah atau sehabis hujan, bersihkan kaca dengan lap chamois sebelum dikeringkan dengan sempurna menggunakan lap microfiber. Hal ini dilakukan untuk melindungi kaca mobil Anda dan jamur.

3. Jok kursi
Bersihkanlah jok kursi dua minggu sekali, Jok kursi dibersihkan dengan alat penghisap debu, cermati bagian-bagian lipatan dan sudut kursi. Jika perlu, lakukan penyedotan debu beberapa kali untuk memastikan debu dan kotoran terangkat sempurna. Untuk jok mobil yang dilapisi bahan kulit, Anda dapat membersihkannya menggunakan sabun khusus yang digosok dengan kain, lalu sisa-sisa sabun dibersihkan dengan kain basah sebelum dikeringkan.

4. Karpet mobil
Karpet mobil diangkat dan dikeluarkan terlebih dahulu dan mobil sebelum dibersihkan. Usahakan

agar pasir atau kotoran yang terdapat di atas karpet tidak jatuh ke lantai mobil. Basahi karpet lalu tuangkan sabun dan sikatlah sampai semua kotoran yang menempel luruh. Setelah itu, bilas dan keringkan. Untuk mengeringkannya, cukup diangin-anginkan.

5. Lantai mobil
Lantai mobil pun ada kalanya perlu dibersihkan. Untuk hasil yang maksimal, bongkarlah kursi-kursi mobil terlebih dahulu sehingga Anda dapat lebih leluasa menjangkau setiap sudut dalam membersihkan lantai mobil. Gunakan sikat untuk membersihkan pasir dan kerikil atau sisa-sisa tanah yang mengering. Hindari membersihkan dengan air karena kelembapan air dapat merusak lantai mobil.


Sumber : http://indonesiaindonesia.com/f/84413-tips-membersihkan-interior-mobil/