Tuesday, March 20, 2012

Mobil Sehat Pascamudik

Sebagian pemudik pulang ke kampung halaman mengendarai mobil pribadi. Akibat jarak yang sangat jauh, ditambah macet berkepanjangan, pemudik bisa menghabiskan waktu belasan, atau bahkan puluhan jam, dalam mobil. Bisa dibayangkan, interior dan eksterior tentu menjadi kotor luar biasa.

Owner bengkel perawatan interior dan eksterior mobil ps8 di Jakarta Selatan Romi Idris berbagi pengetahuan untuk menjaga kesehatan interior dan eksterior pascamudik. "Kotoran yang terlalu lama melekat di dalam kabin membuat sirkulasi udara dalam kabin tercemar sehingga mengurangi kenyamanan sekaligus menimbulkan penyakit, seperti flu," kata Romi.

Perawatan Interior

Perhatikan debu atau kotoran biasanya menempel pada dashboard, lubang AC, jok, door trim, langit-langit, dan lantai. Penyebab kotoran itu antara lain, debu, usapan tangan yang tidak bersih, sisa makanan dan minuman, serta jejak alas kaki.

Guna membersihkan kotoran di kabin, peralatan yang dibutuhkan antara lain lap kering, lap chamois, sikat gigi, sikat sepatu, kuas kecil, cotton bud, sabun colek, dan produk pembersih interior. Ketika membeli produk pembersih interior, sebaiknya pilih yang kemasan botol semprot all-in-one (pembersih dan pengkilap) agar lebih praktis.


Awali pembersihan interior dengan menyedot debu di lantai, jok, dan sudut-sudut ruang dengan vacuum cleaner (mesin penyetdot debu). Selanjutnya, bersihkan dashboard dengan lap kering. Setelah itu, semprot dashboard dengan cairan pembersih secara merata. Kembali usap dashboard dengan lap kering dengan sedikit penekanan agar kotoran membandel terangkat.

Lakukan prosedur yang sama untuk setir, door trim, plafon, dan jok. Bila ada kotoran yang sulit hilang, gunakan sabun colek. Usapkan sabun di bagian yang kotor, setelah itu sikat dengan sikat gigi sampai bersih. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak bahan. Setelah itu bersihkan dengan lap kering. Untuk membersihkan kisi-kisi lubang ventilasi AC, gunakan cotton bud yang telah dibasahi cairan pembersih.

Perawatan Eksterior

Air yang mengotori bodi mobil selama perjalanan, baik air hujan atau pun air comberan, harus segera dibersihkan agar tidak memicu karat. Bagian mobil yang paling rawan terserang adalah celah karet panel bodi, baik di pintu penumpang atau pun bagasi. Bersihkan bagian-bagian tersebut dengan kuas atau sikat gigi yang telah dicelup air sabun. Sikat bagian yang kotor dengan gerakan memutar searah jarum jam.

Bagian lain yang rentan karat pada mobil adalah bagian kolong seperti spatboard dan sokbreker. Pembersihan bagian tersebut memang agak rumit karena mobil harus didongkrak dulu untuk melepas roda.

Setelah roda dilepas, semprotkan air ke kolong spatboard. Setelah kotoran kasar rontok, bersihkan kolong spatboard dengan busa yang telah dicelup air sabun. Jangan lupa untuk sekalian membersihkan suspensi. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau, seperti lengan ayun.


Jangan lupa untuk membersihkan tabung sokbreker agar kotoran tidak mengendap di sana. Sebab, kotoran yang mengendap berisiko menggores logam yang bergesekan di dalam sokbreker. Piringan rem juga jangan terlewatkan agar kinerja pengereman tetap prima. Ketika semua sudah disabun, semprot kembali dengan air bersih.

Selamat mencoba!
Sumber : http://id.carmall.com/id/otomotif/info_artikel/730/