Tuesday, December 18, 2012

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan


Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan
Sizygium-polyanthum - Daun Salam
DAUN salam biasa digunakan sebagai pelengkap dalam bumbu berbagai masakan nusantara. Sensasi aroma yang ditawarkan, bukan hanya mampu membuat masakan semakin nikmat disantap, namun lebih dari itu, daun salam juga memberikan manfaat bagi kesehatan pencernaan.
Daun dari Syzygium polyanthum ini dikenal luas oleh para ahli herbal sebagai pengobatan alternatif untuk keluhan diare. Para ahli herbal menyebutkan, pohon berakar tunggang ini efektif dalam mengusir diare karena kandungan minyak asiri (sitral, eugenol), tannin dan flavonoid.
Nama Latin : Syzygium polyanthum(Wight.).) Walp.) atau sinonim := Eugenia polyantha, Wight = Eugenia Lucidula, Miq.
Nama Lokal : Gowok (Suna), manting (Jawa), kastolam (Kangean), Meselangan, ubar serai (melayu), Salam (Indonesia, sunda, Jawa, Madura, Ambon), Indonesian bayleaf, Indonesia laurel, Indian bayleaf(Ingris), Indonesische Lorbeerblatt atau Salamblatt(Jerman)
Sifat dan Khasiat : Daun rasanya kelat dan astrigen
Kadungan Kimia : Salam mengandung minyak asiri (sitral , eugenol), tannin dan flavonoid
Bagian yang digunakan : daun, selain itu kulit batang, akar dan buah juga berkhasiat sebagai obat
Berikut ini beberapa cara mengolah daun salam , sbb :
1. Diare:
15 lembar daun dicuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.

2. Kencing manis:
7 – 15  lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.

3. Sakit maag:
15-20 lembar daun dicuci bersih, rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Tambahkan gula merah secukupnya. Minum sebagai teh setiap hari, sampai rasa penuh dan perih di lambung menghilang.

4. Mabuk akibat alkohol:
1 genggam buah salam yang sudah masak dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Peras dan saring, lalu diminum.

5. Kudis, gatal:
Daun atau kulit batang atau akar, dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.
6. Asam urat:
10 Lembar daun salam , rebut dengan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Kemudian saring ,  dan diminum selagi hangat
7. Kolestrol darah:
10-15g daun salam segar , cuci hingga bersih, lalu rebus dlm 3 gelas air sampai tersisah 1 gelas. Setelah dingin, saring dan airnya di minum setiap malam
8. Hipertensi:
Cuci 7-10 lembar daun salam , cuci hingga bersih , lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisah 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya di minum sehari 2 kali, masing masing ½ gelas
9. Eksim:
Ambil 10 lembar daun salam segar, 25 gram kunyit. Tumbuk hingga halus, lalu tambahkan air sedikit dan garam secukupnya. Oleskan pada bagian kulit kaki yang sakit.



Efek Samping Daun Salam
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgt5lOjhgXRqtiBK4aTbgq54-Ldt8HgU2xc3SAu_4hwndcaqlb1y-5gM9FpBY12KI4gAokY3QyvQvLcSIBEFUSYsyrTVJh_YLZSAXg9sgJa32WDh9NmZVaPWUVfC-4Loq7n8v0MO5qg8Ic/s200/Daun+SAlam.gif
Seperti yang telah kita ketahui bahwa Daun Salam merupakan salah satu bumbu yang sering kali dipakai dalam masakan tradisional. Pada beberapa kesempatan, daun ini juga sering kali digunakan sebagai bahan obat herbal yang dipercaya memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah membantu menyembuhkan asam urat. Namun apakah daun salam aman untuk dikonsumsi secara terus menerus? Apakah ada Efek samping dari penggunaan daun salam sebagai obat? Temukan jawabannya dalam artikel berikut ini!

Hingga saat ini belum ada penelitian yang secara spesifik meneliti tentang keguanaan daun salam. Informasi yang beredar luas hanya terbatas pada tradisi dan penelitian yang benar-benar terbatas. Berikut ini sedikit kutipan mengenai efek samping konsumsi daun salam yang diambil dari situs http://www.healthline.com :

"Secara keseluruhan, daun salam memiliki efek samping sangat sedikit, dan kemungkinan aman ketika dikonsumsi dalam jumlah yang digunakan dalam makanan. Namun, pada beberapa kasus dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti : masalah pencernaan karena daun salam sulit untuk dicerna, dapat berdampak juga pada pernapasan untuk penderita asma.

Efek samping lain yang pernah dilaporkan meliputi eksim di tangan dan wajah.

Beberapa praktisi medis menyatakan tidak menganjurkan konsumsi daun salam untuk ibu hamil dan menyusui dalam jumlah banyak. Namun karena kurangnya bukti ilmiah mengenai hal tersebut masih menjadi perdebatan"

Daun salam memang bukanlah termasuk kategori yang harus sangat diwaspadai karena sedikitnya kasus yang dilaporkan terkait dengan
efek samping daun salam. Namun, apabila Anda memiliki alergi atau sedang dalam keadaan hamil atau menyusui, penggunaan daun salam dalam jumlah banyak (misalnya untuk pengobatan tradisional) harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau praktisi medis yang berkompeten. Anda juga dapat membaca article mengenai "Bolehkah Wanita Hamil Mengkonsumsi Daun Salam?"
Efek farmakologis dan hasil pemakaian
1.      Kromatografis gas menunjukka minyak asiri dan salam mengandung 28 gas komponen, salah satunya eugenol. Dengan kromatografi lapis tipis di simulkan bahwa minyak asiri daun salam terdiri dari seskuiterpen lakton yangmengandung fenol. Konsentrasi terkecil minyak asiri yang mampu menghambat pertumbuhan E.Coli adalah 40%. Sedangkan terhadap S.aureus sekitar 5% (Retno Sadewi,FF UGM, 1992)
2.      Uji mikrobiologi dengan mengunakan metode cakram menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun salam dapat, menghambat pertumbuhan bakteri E.coli, Vibrio cholera, Salmonella sp. Tetapi Enterobacter sp. Bersifat resisten (Beni Wraman, JF FMIPA UNAND)
3.      Ekstrak air daun salam memiliki efek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah). Pada tikus penderita diabetes mellitus yang tidak tergantung pada insulin 9DMTTI), sedangkan pada tikus penderita dia bĂȘtes mellitus yang tergantung pada insulin tidak Nampak efek hipoglikemik. (Ni Putu Maryati, FF UGM, 1989)
Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2012/06/02/5262/11/Manfaat-Daun-Salam-untuk-Kesehatan, http://www.smallcrab.com/kesehatan/110-salam-dan-khasiatnya, manfaatdaunsalam.blogspot.com/2012/05/efek-samping-daun-salam.html, http://www.ibujempol.com/khasiat-manfaat-kandungan-daun-salam/
Edit by : http://eboody.blogspot.com