Friday, July 13, 2012

Manfaat Buah Salak



Buah Salak (Salacca Edulis) merupakan salah satu buah tropis yang banyak diminati oleh orang Jepang, Amerika, dan Eropa. Buah ini memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi dan dapat dikonsumsi sebagai buah segar maupun diolah sebagai manisan. Daging buah ini mengandung kalsium, tanin, saponin, dan flavonoida.

Salah satu manfaat dari buah salak adalah sebagai obat mencret. Caranya cukup dengan mengkonsumsi 20 gram daging buah yang masih muda.

Biasanya musim buah salak selalu berbarengan dengan buah dukuh. Oleh karena itu tidak ada salahnya Anda membaca khasiat buah duku.

Obat Mata

Salah satu manfaat buah salak adalah sebagai obat mata. Berdasarkan penelitian oleh para ahli kesehatan, buah salak mengandung betakaroten yang bagus untuk mata. Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan mata tetapi bosan jika harus mengkonsumsi jus wortel terus menerus, sekarang Anda punya alternatif lain, yaitu mengganti jus wortel dengan jus salak. Selamat mencoba!

Obat Diare

Ketika Anda terserang diare, jangan buru-buru mengkonsumsi obat-obatan buatan pabrik. Tidak ada salahnya untuk mencoba obat yang alami terlebih dahulu. Dengan mengkonsumsi sebanyak lebih kurang dua puluh gram daging buah salak segar yang masih muda dapat mengurangi penyakit diare. Selain alami, buah ini juga bisa dijumpai hampir di merata tempat.

Cemilan Sehat
Salak sering dijadikan sebagai buah yang biasa dihidangkan di meja. Rasanya ada yang manis , asam , sepat atau campuran ke itganya. Selain rasanya enak dan segar ketika di makan, buah ini juga memiliki kadungan gizi yang bermanfaat tidak hanya untuk tubuh kita tetapi juga sangat baik untuk kesehatan.
Salak dapat di makanlangsung begitu saja. Selain itu, buah salak juga sering di olah menjadi berbagai macam bentuk makanan, antara lain :
-          Keripik salak. Dibuat dengan mengunakan alat penggorengan khusus daging salak di iris tipis tipis dan kemudian di masukan ke dalam freezer selama kuranglebih 1 – 2 jam sebelum di goring dengan alat khusus. Keripik salak enak untuk dijadikan sebagai cemilan saat anda sedang bersantai
-          Manisan salak.  Manisan salak memiliki citra rasa yang khas ketika di makan. Untuk membuat manisan salak tidaklah begitu sulit. Bahan – bahan yang digunakan seperti gula pasir, air matang, dan di tambah sedikit garam. Cara membuatnya juga mudah, cukup dengan mencampurkan semua bahan yagn telah di siapkan ke dalam sebuah wadah. Kemudian diamkan selama kurang leibh 1 minggu. Manias salak siang untuk disajikan.
-          Asinan salak. Untuk membuat asinan salak, siapkan bahan bahan seperti air, kapur sirih, cabe merah yang dihaluskan, setengah sendok makan garam, gula pasir, dan satu sendok cuka. Cara membuatnya, pertama kupas salak dan belah menjadi dua, kemudian keluarkan bijinya, setelah itu rendam dalam larutan air dan garam. Biarkan selama satu jam, cuci dan tiriskan. Setelah itu masukan lagi ke dalam larutan air di tambah dengan cuka dan garam yagn telah di rebus dan didinginkan sebleumnya. Diamkan selama 1-2 malam, asinan salak siap untuk dinikmati.
Untuk kandungan gizi per 100 gram daging buah salak, menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan (1981) RI, kurang lebihnya sebagaimana informasi dibawah ini :
Kandungan Gizi Buah Salak Dalam 100 Gram
No
Kandunga Gizi
Banyaknya
1
Kalori
77,0 kal
2
Protein
0,40 g
3
Karbohidrat
20,90 g
4
Kalsium
28,00 mg
5
Fosfor
18,00 mg
6
Zat Besi
4, 20 mg
7
Vitamin B
0,04 mg
8
Vitamin C
2,00 mg
9
Air
78,00 mg

Demikianlah Khasiat Buah Salak, semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber : http://www.kucoba.com/2012/02/khasiat-manfaat-buah-salak.html, http://digitalbaca.blogspot.com/2012/05/manfaat-buah-salak-salacca-edulis.html, http://www.anneahira.com/manfaat-buah-salak-6726.htm
Edit by : http://eboody.blogspot.com