Thursday, April 21, 2011

Tips-Tips di rumah

Mencegah Noda Hitam Pada Alat Masak

Memasak adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Kepuasan berupa ketenangan pikiran serta kesenangan akan santapan, membuat memasak menjadi pilihan bagi kebanyakan orang. Apalagi, kini profesi menjadi seorang yang berkecimpung dalam dunia masak menjadi hal yang lazim. Tapi, umumnya memasak masih terganjal hal-hal kecil yang merepotkan!

Selesai memasak, kita sering dihadapkan pada noda hitam membandel di bagian bawah alat-alat memasak, terutama jika kita menggunakan kompor yang apinya tidak bagus. Untuk mencegahnya, sebelum digunakan, oleskan sabun colek tipis-tipis di bagian bawah alat masak. Sabun akan menghalangi noda hitam menempel pada alat masak sehingga mudah dibersihkan tanpa harus dicuci berulang kali. (Engelberth Y.G.S, Semarang)

Menghilangkan Noda Pada Bak Cuci Piring

Kini semakin banyak produk sabun pembersih yang sangat ampuh ketika digunakan. Kondisi itu membuat mencuci piring menjadi lebih mudah, dan menyenangkan. Tumpukan piring kotor pun bukan lagi menjadi masalah. Tapi, perhatikan juga benda-benda di sekeliling tumpukan piring kotor tersebut.

Terkadang setelah mencuci piring kita lupa untuk membersihkan bak cuci piring. Hal itu bisa menimbulkan noda karat di bak cuci, terutama yang terbuat dari stainless steel. Cara mengatasinya ternyata sangat mudah. Ambil sebuah lap yang telah dibasahi dengan cairan cuka, spiritus, atau alkohol. Lalu gosokkan ke bak cuci piring yang mengalami noda karat atau kerak. Setelah itu, cuci dengan air sabun hangat. (Dwi Ananta Devy, Semarang)

Lilin Darurat

Apabila listrik padam dan kebetulan lilin habis, jangan panik karena ada dua alternatif lilin “darurat” yang bisa dibuat. Yang pertama adalah lilin kapas. Caranya, puntir kapas seperti sumbu kemudian letakkan di atas wadah beling kecil yang telah diberi sedikit minyak goreng. Lilin kapas siap untuk disulut.

Yang kedua adalah lilin kapur tulis. Caranya, runcingkan kapur tulis seperti pensil, kemudian rendam dalam minyak goreng. Diamkan sebentar agar minyak terserap. Setelah itu letakkan lilin kapur di atas tutup kaleng atau wadah beling dan nyalakan!(Dina, Jakarta Utara)

Lindungi Lantai Kayu dari Goresan

Rumah berlantai kayu (parket) bisa menghadirkan nuansa yang cozy. Namun rumah berlantai parket juga memerlukan perawatan “lebih” dibanding rumah berlantai keramik. Kalau kita kurang memperhatikan si lantai kayu, maka jangan heran bila padanya sering ditemukan goresan-goresan akibat geseran perabotan maupun meja-kursi. Ini tentunya mengganggu kecantikan si lantai parket.

Untuk mencegah hal itu, cobalah menempeli kaki-kaki perabotan serta meja-kursi dengan plester anti luka (Handyplast), isolasi, atau lakban hitam sebagai tatakannya. Dengan demikian apabila perabot serta meja-kursi kita tergeser maka tidak akan menimbulkan goresan lagi. Selamat mencoba!(Slamet Priyambodo, Malang)

Menghilangkan Lumut Pada Selang Air

Setelah sekian waktu, biasanya lumut akan tumbuh pada bagian dalam selang air. Untuk menghilangkannya, cara berikut ini dapat dicoba sebagai alternatif.

Mula-mula jemur selang air di terik matahari hingga selang terasa lemas. Siapkan sebatang kayu yang ujungnya dibebat dengan kain. Pukul-pukul selang pada bagian yang berlumut menggunakan kayu berbebat kain itu. Setelah itu pasang selang pada keran dan pasang keran pada aliran air yang deras. Lumut akan terlepas dan keluar bersama aliran air.(Avrinda Rima Y., Jatim)

Mengatasi Sink Mampet

Bila sink atau wastafel dapur tempat Anda mencuci piring mampet, jangan buru-buru memanggil tukang. Anda dapat mencoba mengatasinya sendiri. Caranya, masukkan secangkir penuh garam dan bikarbonat soda ke dalam mulut saluran pipa sink, lalu siram dengan secerek air panas yang baru mendidih. Dijamin lemak-lemak penyumbat akan larut dan sink Anda pun tidak mampet lagi.(Dhani A. Wardhani, Bandung)

Serba-serbi Pembersihan Karpet

Berikut adalah trik membersihkan dua jenis noda pada karpet.
1. Noda tetesan lilin.
Caranya sangat gampang. Cukup ambil sehelai kertas sampul yang berwarna coklat (kertas kopi), lalu tutupkan pada bagian karpet yang terkena lilin tersebut.
Letakkan setrika panas di atasnya selama beberapa menit, lalu angkat kertas tersebut. Hasilnya, lilin akan meleleh dan diserap oleh kertas bagian karpet yang ternoda tetesan lilin kembali bersih.
2. Bau pesing akibat ompol.
Caranya, bentangkan karpet pada kedua sisi lebarnya sehingga menggantung (tidak menempel di tanah). Kemudian siramkan air panas (boleh yang mendidih) pada bagian karpet yang terkena noda kencing atau ompol. Niscaya bau pesing akan lenyap dengan seketika. Boleh juga Anda menggunakan kain seperti handuk/katun. Siram dulu kain tersebut dengan air panas yang dicampur sedikit sabun, lalu gosok berulang hingga bersih. (Tomi Zapino, Aceh Tamiang)

Cara Cepat Membersihkan Gorden

Gorden yang sudah lama terpakai pasti memudar kecemerlangannya. Untuk mengembalikan warnanya yang pudar, cobalah lakukan tip ini. Masukkan 2—4 genggam garam dapur ke dalam air secukupnya, kemudian aduk rata. Masukkan gorden ke dalam larutan tadi dan diamkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu, cuci dengan sabun dan bilas sampai bersih. Ketika dijemur, Anda akan lihat gorden Anda bersih seperti baru.(Ihda Mardliyatun, Magelang)

Cara Pintar Bersihkan Tikar

Tikar yang sudah lama atau sering dipakai, biasanya akan berwarna kehitam-hitaman. Ada cara mudah untuk membuatnya kembali bersih. Siapkan 1 ember air hangat, bubuhi segenggam garam. Cuci tikar dengan air garam tersebut. Kemudian, bilas dengan air dingin dan jemur di bawah terik matahari. Dengan cara ini, niscaya tikar Anda akan bersih dan warnanya kembali cerah. (Enung Nurjanah, Ciamis)

Atasi Kerak Makanan yang Membandel

Pernah memasak hingga gosong? Jika pernah, tentu Anda tahu sulitnya menghilangkan kerak-kerak makanan yang menempel di dasar wajan atau panci. Sebenarnya ada cara yang mudah untuk menghilangkannya. Anda tak perlu mengerahkan segenap tenaga untuk menggosok atau mencongkel-congkel dengan pisau yang bisa menyebabkan wajan/panci rusak dan tergores.

Ambil dua sendok makan baking soda. Tuangkan pada wajan atau panci yang berkerak. Tambahkan air mendidih, hingga kerak-kerak terendam. Diamkan selama 15 menit. Cucilah, niscaya kerak-kerak tadi lebih mudah dibersihkan.(Indri, Ciomas)

Memanfaatkan Bekas Botol Sirup atau Kecap

Botol kaca bekas sirup atau kecap, jika disimpan begitu saja, bisa membuat lemari penuh. Jika dionggokkan begitu saja, salah-salah bisa menjadi sarang nyamuk. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mencoba kreasi berikut ini.

Manfaatkan botol-botol bekas tadi untuk membuat batas tepi jalan setapak di taman. Caranya, tanam botol berjejer dengan posisi terbalik (pantat botol menghadap ke atas). Dalamnya, kira-kira hingga leher botol tertanam seluruhnya. Padatkan tanah agar posisi botol kokoh.(Rachmawati Dewi, Solo)

Menghilangkan Bau Tengik pada Stoples

Stoples yang jarang dipakai dan disimpan dalam jangka waktu lama, seringkali berbau tengik. Mencucinya dengan sabun tidak bisa menghilangkan bau tengik itu.

Ada tip mudah untuk mengatasinya. Ambil kertas koran secukupnya, kemudian bakar koran itu. Segera masukkan kertas koran yang sudah dibakar ke dalam stoples. Tutup stoples dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, buang kertas koran dan cuci stoples dengan air sabun. Niscaya bau tengiknya akan hilang.(Reno Dwi Hartoto, Yogyakarta)

Mengatasi Jamur pada Particle Board

Lemari dari bahan papan partikel (particle board) mudah sekali berjamur pada musim penghujan. Hal ini mengakibatkan bau yang tidak sedap pada isi lemari. Cara mengatasinya mudah. Ambil lap kering lalu olesi dengan alkohol secukupnya. Usapkan lap tadi ke permukaan jamur secara merata dan diamkan beberapa saat agar benar-benar kering. Setelah jamur bersih, letakkan kapur barus di setiap sudut lemari.(Shinta Handayani, Semarang)

Menghilangkan Bau Tak Sedap pada Kulkas

Seringkali kulkas atau lemari pendingin mengeluarkan bau tak sedap akibat makanan yang disimpan terlalu lama, atau makanan yang disimpan mengeluarkan aroma yang tajam. Bau ini bisa saja “mencampuri” bau makanan lain yang tersimpan di kulkas dan merusak cita rasanya.

Berikut adalah trik yang bisa dicoba untuk mengenyahkan bau tak sedap tadi. Buang makanan-makanan yang sudah busuk dan simpan makanan yang berbau menyengat dalam wadah yang tertutup rapat. Bersihkan (cuci) kulkas menggunakan air larutan sabun. Pada air bilasan terakhir, tambahkan perasan air jeruk lemon. Keringkan dengan lap katun. Tuangkan sedikit essent vanila ke secarik kain katun, kemudian masukkan kain tersebut ke dalam kulkas. Setelah itu, nyalakan kembali kulkas.(Tri.M, Batu)

Melepaskan Stiker pada Kaca? Mudah Kok

Anak-anak sering menempelkan stiker favorit mereka pada kaca jendela atau kaca meja. Cukup sulit melepasnya. Kalaupun dilepas, kadang-kadang ada sisa stiker yang masih menempel di permukaan kaca dan sulit dibersihkan.

Untuk mengatasinya, gunakan pengering rambut (hair dryer) ketika melepas stiker. Jika masih ada lem menempel, gunakan minyak kayu putih dan gosoklah dengan material pipih yang tidak tajam seperti penggaris plastik.(Fahmi Reza, Bogor)

Cara Cepat Membuat Semut Kabur

Seringkali lemari tempat kita menyimpan makanan dikerubungi oleh semut. Pakai bahan kimia pembasmi semut, takut mengenai makanan. Ada cara mudah untuk mengusir semut yang datang, yakni dengan menaburkan bubuk vanila di sekitar tempat menyimpan makanan. Dengan begitu semut-semut akan menjauhi makanan kita dan lemaripun menjadi harum.(Ihda Mardliyatun, Muntilan)

Cara Mudah Hilangkan Noda Bak Mandi Plastik

Demi alasan kepraktisan, kini banyak orang yang menggunakan bak mandi yang terbuat dari plastik atau PVC. Pada bak mandi jenis ini, jika tidak rutin dibersihkan, sering timbul noda berwarna kekuningan yang sulit dihilangkan.

Belimbing wuluh, yang biasa digunakan untuk sayur, ternyata bisa membersihkan bak mandi plastik. Caranya sebagai berikut. Ambil belimbing wuluh secukupnya, iris menjadi dua bagian. Gosokkan belimbing ke area yang bernoda. Diamkan beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih. Jika masih ada noda, gosokkan kembali belimbing wuluh tersebut. Setelah noda benar-benar hilang, cuci bak dengan sabun dan bilas dengan air bersih.(Hadi, Pasar Minggu)
 
Source  :http://sicantikrabiatul.blogspot.com/2010/11/tips-tips-di-rumah.html