Friday, March 30, 2012

CARA MELIHAT TULISAN DI STRUK ATM YANG TERHAPUS

Disini saya coba berbagi tips dan trik yang mungkin bermanfaat buat semua. Pernahkah agan/ sista menyimpan struk ATM ?? nah struk itukan kalau lama tersimpan di dompet pasti akan hilang / pudar tulisannya yang akhirnya jadi gak terbaca ..


sturk kelamaan disimpan

yang repot"nya kalau struk penting.. seperti bukti pembayaran cicilan motor atau Kartu Kredit
nah ane punya trik gimana biar tulisanya jadi terbaca dan ga hilang lagi gan /sis
semua cuma modal 1 batang rokok.. atau Obat Nyamuk Bakar
Dekatkan bara rokok ke area tulisan yang hilang pada struk.. ingat harus jaga jaraknya agar jangan membakar struknya
dan hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini :

dijamin tulisan di struk tersenut gak akan hilang lagi biar di simpan lama

semoga bermanfaat
Sumber : http://gibrazu.blogspot.com/2011/07/cara-melihat-tulisan-di-struk-atm-yang.html

Mengenali Jenis Kerusakan Rem Mobil

Cara Pintar Mengenali Jenis Kerusakan Rem Mobil
Rem adalah suatu komponen keselamatan (safety) utama dalam berkendara. Piranti ini sangat mungkin sekali terjadi kerusakan, terutama bila jarang dilakukan pengecekan atau perawatan berkala. Suatu komponen yang berperan penting didalam sistem rem adalah kampas rem, kampas rem merupakan bahan yang terbuat dari campuran keramik dan asbes yang akan mencengkeram atau menghentikan perputaran piringan cakram pada saat sistem pengereman bekerja. Kerusakan pada sistem pengereman dapat dianalisis dengan gejala-gejala berikut :
1. Bergetar.
Saat Rem diinjak terasa getaran pada pedal rem. Hal ini disebabkan oleh permukaan disc break atau tromol rem yang sudah tidak rata lagi. Penanganannya adalah dengan membubut cakram atau tromol dibuat menjadi rata. Pemerataan dengan pemapasan mulai dari ketebalan 0.5-1.5mm masih dianggap aman. Namun, bila kondisi piringan sudah parah atau goresannya sudah terlalu dalam, lebih baik mengganti komponennya.
2. Mengeluarkan Bunyi Dan Terasa Berat Saat Direm.
Maksudnya adalah injakan terasa berat atau keras dan kadang mengeluarkan bunyi mendesis. Pada umumnya mobil moder sudah menggunakan booster untuk memperingan injakan pedal. kalau berat berarti permasalahan ada di bagian Booster.
3. Kurang Mencengkeram.
Gejalanya terkadang mobil anda ketika direm masih membutuhkan waktu berapa meter untuk berhenti. Penyebabnya bisa karena kampas rem sudah tipis dan lapisan asbesnya sudah berkurang. penanganannya adalah dengan mengganti kampas rem dengan segera supaya piringan atau teromol tidak tergerus.
4. Lari Kiri Atau Kanan.
Pada gejala ini biasanya saat mobil di rem akan membuang ke salah satu arah. Hal ini disebabkan karena piston pada master rem salah satu roda macet. penanganannya adalah dengan mengganti seal dan piston pada master rem.
5. Rem Dalam.
Saat di injak, pedal rem terasa dalam. Hal ini disebabkan karena kampas rem sudah tipis. penanganannya adalah dengan mengganti kampas rem baru yang sesuai jenisnya.
6. Rem Harus Dikocok/Dipompa.
Sebelum dipompa pada pedal rem, mobil tidak bisa berhenti. Kemungkinan ada yang bocor sehingga minyak rem berkurang dan kemasukan angin. penanganannya adalah dengan mengecek kebocoran mulai dari master atas, slang sampai master bawah atau kaliper rem. Segera Anda perbaiki melalui langkah membuang angin (bleeding) untuk mengeluarkan angin.[fjr]
Sumber : http://44qirann.blogspot.com/2010/10/mengenali-jenis-kerusakan-rem-mobil.html

15 Penyebab Kerusakan Ban

1. Tekanan angin

Ban harus memiliki tekanan angin sesuai spesifikasi dan rekomendasi produsen. Informasi tekanan ban terletak di bagian bawah kanan dan pada buku manual. Tidak diperbolehkan untuk melebihi atau kurang dari rekomendasi yang tertera.   
Jika tekanan terlalu tinggi atau keras, daya cengkeram ban pun tidak maksimal yang juga mengorbankan kenyamanan berkendara. Tekanan terlalu rendah pun akan menjadi masalah, dinding ban bekerja lebih keras dan dapat mengakibatkan defleksi berlebih.
Kurangnya tekanan dapat pula menyebabkan ban
meletus. Benang pada dinding ban pun akan putus setelah beberapa waktu. Mengakibatkan ban benjol dan kekuatan pun terpangkas. Semakin rendah tekanan ban dari rekomendasi, semakin pendek pula usianya.
     
Solusi:
Minimal periksa kondisi fisik dan tekanan ban seminggu sekali. Pastikan ukuran tekanan sesuai rekomendasi pabrik.


2. Batu, pecahan kaca atau benda keras   

Pada permukaan ban terdapat sela kembangan, batu, pecahan kaca atau benda keras dapat terselip di dalamnya. Itu cukup berbahaya. Ketika mobil
melaju, ban seperti dipalu dan ditekan secara berulang.
Sebut saja lingkar ban 1 meter dan mobil melaju sejauh 1 kilometer, itu berarti bahwa ban mendapat "pukulan" sebanyak 1.000 kali.


Solusi: Segera bebaskan sela kembangan ban dari objek keras.

  
3. Paku
 
Pada ban tubeless, paku yang menancap dapat mengurangi tekanan angin secara perlahan. Paku harus segera dibuang, selain dapat membuat ban rusak; akan
menyababkan karat pada pelat baja.

Solusi: Segera cabut paku dan ban segera ditambal.


4. Toe In/Out
 
Arah roda tidak selaras secara horizontal, ke dalam (in) atau keluar (out). Ini dapat menyebabkan ban tergerus lebih cepat. Jika ini dibiarkan
berlarut-larut, akan menyebabkan tapak ban gundul bagian dalam (toe in) atau gundul pada bagian luar (toe out). Dilakukan juga proses balancing agar roda berputar mulus.

Solusi: Spooring dan Balancing


5. Sudut camber negatif/positif
 
Tie-rod, as rod atau bearing yang bermasalah bisa mengakibatkan tidak selarasnya roda secara vertikal (camber). Bisa camber negatif atau
positif. Dapat berakibat seperti toe in/out, menyebabkan tapak ban gundul bagian dalam (negatif) atau gundul pada bagian luar (positif).

Solusi: Spooring dan Balancing


6. Parkir dalam jangka waktu lama
 
Beban pada satu sisi ban secara terus menerus dapat membuat ban berubah bentuk. Mobil dalam keadaan parkir selama beberapa hari dapat menyebabkan
perubahan bentuk dan itu akan menjadi tidak nyaman, serta menyebabkan ban bersuara gluduk-gluduk pada saat mobil melaju.   Hal tersebut dapat kembali normal jika mobil diparkir tidak terlalu lama, yang sulit untuk ban normal kembali adalah jika mobil parkir terlalu lama.

Solusi: Gunakan jackstand pada keempat roda pada saat parkir dengan jangka waktu yang lama.


7. Pengereman dan akselerasi kasar
 
Pengereman secara kasar, terutama pada mobil yang belum dilengkapi ABS dan juga akselerasi yang kasar akan membuat ban lebih cepat gundul. Hal ini
tidak membuat gundul secara merata, tetapi hanya bagian tertentu saja. Akan cepat rusak dan juga mengurangi kenyamanan.

Solusi: Hindari rem mendadak jika tidak dalam keadaan darurat dan berakselerasi secara lembut.


8. Melindas lubang
 
Lubang menjadi salah satu hal yang dapat merusak ban. Lubang tersebar dimana-mana terutama setelah musim hujan. Jika ban menghantam lubang dengan
daya benturan kuat dapat membuat ban sobek.

Solusi: Perlahan laju mobil saat akan menghantam lubang. Lepas pedal rem sebelum menghantam lubang agar beban tersalur ke ban belakang.


9. Beban berlebih (overload)
 
Setiap ban memiliki batas toleransi dalam menopang bobot. Contoh, indeks beban 70, berarti ban tersebut memiliki batas toleransi beban seberat
335 kg. Ban pada mobil ada empat, berarti 335kg dikali empat roda menjadi 1.340 kg. Misal berat kendaraan kosong 1.075 kg, sisa beban yang dapat ditopang berarti 255 kg. Jika mobil berisi 5 penumpang, dengan masing-masing berat 75 kg per orang, artinya dibebankan seberat 375 kg. Berarti kelebihan 120 kg. Jika ini berlangsung terus-menerus, maka dinding ban dapat mudah retak dan bahkan lapisan luar terkelupas. Ini akan menjadi lebih parah jika tekanan angin dibawah rekomendasi pabrik.

Solusi: Penumpang atau barang bawaan tidak boleh melebihi kapasitas beban.

 
10. Oli atau minyak
 
Karet mempunyai segenap musuh, salah satunya adalah minyak fosil. Ban yang kerap terkena minyak atau oli, akan mudah melar dan kekuatan ban
menurun.
Solusi: Hindari minyak atau oli terkena ban.

11. Mengemudi agresif
 
Tata cara mengemudi pun berpengaruh kepada ban. Agresivitas berpotensi besar merusak ban. Kerusakan yang kerap terjadi dapat dipantau
pada tapak ban yang terkelupas, dinding sobek atau retak pada tapak ban yang tidak merata.

Solusi: Hindari mengemudi agresif.


12. Pemasangan ban tidak sempurna

Pemasangan ban yang tidak benar dapat membuat ban rusak. Khususnya pada bagian dalam ban.


Solusi: Pastikan ban terpasang dengan benar.

13. Pelek tidak sesuai ukuran ban
 
Pelek dan ban tidak boleh terlalu ketat atau longgar jika disatukan. Pelek yang terlalu ramping atau lebar, bentuk ban seperti donat. Dapat
membuat dinding ban kerja lebih berat. Sudut ban yang menyempit disebabkan hal tersebut. Dinding ban mudah retak, pecah atau benjol. Sebaliknya pelek terlalu lebar, dinding ban tersiksa saat menikung dan dinding adalah titik terlemah pada ban.

Solusi: ukuran pelek dan ban harus sesuai.

14. Pelek cacat

Pelek yang penyok atau benjol dapat merusak ban terutama pada sekitar dinding ban cacatnya.


Solusi: Perbaiki pelek jika masih bisa. Jika tidak, harus ganti pelek.


15. Suspensi tidak berfungsi optimal
 
Suspensi yang bermasalah dapat mempengaruhi ban. Sokbreker yang rusak menyebabkan per bekerja sendiri dan tidak mampu menahan ayunan dari
gelombang permukaan jalan. Alhasil dapat menyebabkan tapak ban bergelombang.

Solusi: Memperbaiki suspensi kendaraan.


Sumber : http://www.autobildindonesia.com/read/2010/03/26/342/16/0000-00-00/15-Penyebab-Kerusakan-Ban 

Tips Membersihkan Interior Mobil

SolusiMobil.com - Ritual membersihkan kabin mobil sama saja, baik di waktu luang saat weekend  maupun setelah melakukan perjalanan liburan. Demikian pula dengan alat serta bahan yang digunakan. Yang terpenting adalah ketelitian dalam melakukannya.
Plafon
Plafon merupakan area yang paling jarang tersentuh kotoran. Apalagi jika di dalam mobil tidak ada yang merokok. Namun bisa saja, tangan kotor anak Anda menyentuh plafon. Sebelum membersihkannya, perhatikan bahan pembuat plafon. Jika mobil Anda menggunakan plafon fabric,  proses kerjanya lebih mudah.

Anda tinggal menyemprotkan cairan pembersih, dan seka perlahan dengan sikat halus. Lakukan gerakan searah agar tidak merusak seratnya. Lap dengan kain mikrofiber untuk mengangkat kotoran. Untuk mempercepat pengeringan bisa dibantu vacuum cleaner.

Jika plafon memakai bahan beledu. Setelah menyemprotkan cairan pembersih, coba usap perlahan dengan sikat. Perhatikan arah bergeraknya bulu-bulu beledu. Apabila bulu-bulu tersebut terangkat, artinya Anda salah arah dalam menyikatnya. Namun jika bulu-bulu tetap tidur, berarti Anda sudah benar. Penting untuk mengetahui arah pegerakan sikat untuk mengantisipasi tercabutnya bulu-bulu halus dari beledu. Serat beledu bersifat sensitif. Usahakan untuk tidak menyentuhnya jika tidak terpaksa. Sedikit goresan kuku cukup untuk merusak seratnya.

Dasbor
Masalah yang umum terjadi  pada dasbor biasanya hanya kotor oleh debu. Gunakan lap chamois  untuk mengangkat kotoran. Selanjutnya, keringkan dengan kain mikrofiber. Yang patut diperhatikan adalah dasbor yang sering terpapar panas matahari. Upaya perawatan bisa dilakukan dengan memakai interior dressing  non-silikon. Usap dengan kain mikrofiber. Sehingga kelembaban dasbor tetap terjaga dan melindungi kabin dari ganasnya sengatan cahaya matahari.

Panel pintu
Kedua langkah di atas bisa dilakukan pula pada panel pintu. Sepanjang panel-panel ini menggunakan bahan vinyl,  kulit, karet, dan plastik.Untuk panel kayu dan mengilap, tidak perlu menggunakan bahan interior cleaner,  dan dressing.  Salah aplikasi malah akan menimbulkan noda. Cukup dibersihkan dan pastikan tak ada noda membandel yang menempel.

Jok
Jok memiliki potensi kotor yang besar. Apalagi jika ditambah kejatuhan serpihan makanan atau terciprat air minuman. Untuk jok terlapis kulit upaya membersihkannya lebih mudah. Syaratnya adalah segera dibersihkan begitu terkena. Jika pun tidak dan baru dikerjakan setelah sampai rumah, bisa memakai bahan leather cleaner.  Rawat kelembabannya dengan leather conditioner.

Sementara untuk jok berbahan fabric,  bersihkan dengan vacuum cleaner.  Gunakan interior cleaner  untuk mengenyahkan noda. Usap dan bersihkan dengan sikat halus. Lakukan gerakan searah agar tidak merusak serat kain. Seka dengan kain mikrofiber untuk mengangkat semua kotoran.

Karpet
Karena lokasinya di bawah, tak ayal karpet pelapis dan dasar menempati peringkat paling kotor. Langkah paling mudah adalah mengangkat kotoran dengan vacuum cleaner.  Tapi karpet mobil sekarang ada yang berbahan bulu. Karena serat bulu panjang dan lebat, kotoran dapat menyusup ke dalam. Gunakan sikat halus untuk mengangkatnya. Bisa dibantu dengan cairan pembersih khusus karpet bulu agar kotoran melunak dan mudah terangkat.

Sama seperti beledu, pastikan arah gerakan dengan mencobanya sekali. Pada beberapa jenis karpet, terdapat pembatas tenunan yang hanya terlihat saat disikat dalam kondisi basah. Usahakan searah dengan garis pembatas tenunan. Perhatikan pula arah rebahnya serat.

Seka dengan kain mikrofiber untuk mengangkat sisa kotoran dan mengeringkan. Vacuum cleaner  dapat digunakan untuk memastikan kebersihan, dan mengurangi kelembaban. Namun jika Anda ingin hasil maksimal, keluarkan karpet pelapis dan cuci di luar. Tentu dengan prosedur serupa. Pastikan kering sempurna supaya tidak meninggalkan jejak bau. [ab]
Sumber : http://www.solusimobil.com/owners-guide/tips-a-trik/artikel/tips-membersihkan-interior-mobil

Thursday, March 29, 2012

Mendongkrak Tampilan Ban

Share |

Rabu, 22 Juni 2011 12:03 WIB     
Sebagai salah satu item perawatan kendaraan, aktivitas menyemir ban dapat mendongkrak penampilan mobil Anda. Ban terlihat bersih dan terawat layaknya dalam kondisi baru. Berkendara pun menjadi percaya diri seiring kebutuhan mobilitas keseharian.


“Umumnya, untuk ritual pembersihan, sebagian pengguna menggunakan cairan deterjen termasuk sampo mobil. Sementara untuk perawatan selanjutnya semir ban untuk membuatnya tampil mengilap,” kata Robertus Lukman dari PT Kharisma Perkasa, distributor Autoglym di Indonesia.

Ada beberapa jenis semir ban yang ada di pasar. Mulai jenis cair, gel dan foam. Konsumen bisa dengan leluasa menentukan pilihan di antara sekian banyak produk yang ada.

Material
Bicara perawatan ban, khususnya untuk menghasilkan daya kilap, tak bisa lepas dari material yang ada di dalamnya. Pada dasarnya untuk memunculkan daya kilap, digunakan material silikon.

Hanya saja untuk di pasar, silikon terbagi atas dua jenis. Pertama, silikon berbasis minyak atau solvent. Saat diaplikasi di permukaan ban, penggunaan silikon berbasis solvent memberikan hasil yang tampak lebih mengilap.

Namun efeknya tak bisa lama. Umumnya tak lebih dari satu hari bertahan setelah pemakaian. Secara kasat mata, semir ban berbahan dasar solvent ini tampak lebih basah (wet look). Namun efek selanjutnya, permukaan ban justru menjadi kering alias getas.

“Bila penggunaannya intens, jelas bakal mempercepat usia pakai ban itu sendiri. Getas serta retak pada dinding ban menjadi taruhannya,” papar Daniel Saputra dari Show Car Garage.

Untuk harga, semir semacam ini memiliki banderol yang relatif murah. Para penjual pinggir jalan kerap memasarkan produk semacam ini. Secara kasat mata, memang perbedaannya tidak terlalu signifkan dengan jenis lainnya. Namun bila diaplikasikan, solvent lebih terasa lengket dipermukaan ban.

Selanjutnya adalah material silikon dengan bahan dasar air alias water base. Sejumlah pabrikan car care sudah mengadopsi silikon berbasis water base untuk produknya. Sebut saja Kit, Autoglym, 3M, Meguiars, TurtleWax, dan lain-lain.

Selain ramah lingkungan, semir ban berbasis water base memiliki banderol cukup beragam, mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribuan per kemasan. Dengan berbagai keunggulan tadi, semir ban mengandung silikon berbasis water base menjadi produk ideal menyokong ritual perawatan ban Anda. Selain menjaga performa ban, perawatan serta elastisitas karet menjadi lebih terjaga, dan Anda pun turut menjaga lingkungan.

honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampusalah,satu,item,perawatan,kendaraan,aktivitas,menyemir,ban,dt,mendongkrak,penampilan,mobil,anda,ban,lihat,bersih,awat,layak,dalam,kondisi,baru,berkendara,pun,menjadi,percaya,diri,seiring,kebutuhan,mobilitas,keseharian,“umum,untuk,ral,pembersihan,sebagian,pengguna,menggun,cairan,dejen,masuk,sampo,mobil,sementara,untuk,perawatan,selanjut,semir,ban,untuk,membuat,tampil,mengilap”,kata,robertus,lukman,pt,kharisma,perkasa,distributor,autoglym,di,indonesiaada,beber,jenis,semir,ban,ada,di,pasar,mulai,jenis,cair,gel,foam,konsumen,leluasa,menentukan,pilihan,di,antara,sekian,bak,produk,adamaialbicara,perawatan,ban,khusus,untuk,menghasilkan,daya,kilap,tak,lepas,maial,ada,di,dalam,pada,dasar,untuk,memunculkan,daya,kilap,digun,maial,silikonha,s,untuk,di,pasar,silikon,bagi,atas,dua,jenis,pertama,silikon,berbasis,mik,atau,solvent,saat,diaplikasi,di,permukaan,ban,penggunaan,silikon,berbasis,solvent,memberikan,hasil,tampak,lebih,mengilapnamun,efek,tak,lama,umum,tak,lebih,satu,hari,bertahan,setelah,pemakaian,secara,kasat,mata,semir,ban,berbahan,dasar,solvent,tampak,lebih,basah,wet,look,namun,efek,selanjut,permukaan,ban,justru,menjadi,kering,alias,getas“,penggunaan,intens,jelas,bakal,mempercepat,usia,pakai,ban,sendiri,getas,serta,retak,pada,dinding,ban,menjadi,taruhan”,pr,iel,saputra,show,car,garageuntuk,harga,semir,semacam,memiliki,banderol,relatif,murah,para,penjual,pinggir,jalan,kerap,memasarkan,produk,semacam,secara,kasat,mata,memang,perbedaan,signifkan,jenis,lain,namun,diaplikasikan,solvent,lebih,asa,lengket,dipermukaan,banselanjut,maial,silikon,bahan,dasar,air,alias,wa,base,sejumlah,pabrikan,car,care,sudah,mengadopsi,silikon,berbasis,wa,base,untuk,produk,sebut,s,kit,autoglym,3m,meguiars,turtlewax,lainlainselain,ramah,lingkungan,semir,ban,berbasis,wa,base,memiliki,banderol,beragam,mulai,rp,25,ribu,hingga,rp,100,ribuan,per,kemasan,berbagai,keunggulan,tadi,semir,ban,mengandung,silikon,berbasis,wa,base,menjadi,produk,ideal,menyokong,ral,perawatan,ban,anda,selain,menjaga,performa,ban,perawatan,serta,elastisitas,karet,menjadi,lebih,jaga,anda,pun,turut,menjaga,lingkungan,ragam,bentuk,semir,ban,semir,ban,ditebus,dalam,berbagai,bentuk,harga,mulai,cairan,gel,spray,foam,masingmasing,dibungkus,dalam,kemasan,apik,seperti,semir,aplikator,semprotan,natural,spray,kaleng,bertekanan,aerosolkemasan,aerosol,umum,digun,untuk,jenis,spray,foam,segkan,semir,ban,berupa,cairan,biasa,dikemas,bentuk,natural,spray,berbeda,jenis,gel,umum,dijual,dalam,bentuk,kaleng,aplikator,baik,spray,foam,belgan,menjadi,pilihan,favorit,konsumen,kepraktisan,dalam,aplikasisemir,ban,jenis,foam,pu,kelebihan,yakni,berfungsi,pembersih,beg,ban,kotor,tak,perlu,lagi,dicuci,lebih,dahulu,disemprot,biarkan,foam,bekerja,membersihkan,segus,mengilapkan,ban,namun,memang,kilap,tak,sebaik,semir,murni,baik,jenis,spray,cairan,gelpengilap,ban,jenis,spray,cairan,gel,butuh,ban,sudah,benarbenar,bersih,untuk,menghasilkan,kilap,sempurna,jenis,spray,lebih,mudah,aplikasi,tinggal,disemprot,ke,permukaan,dinding,ban,sementara,untuk,semir,ban,berbentuk,cairan,gel,diperlukan,aplikator,baik,berupa,kuas,spons,untuk,hasil,kilap,detail,sesuai,harn,honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampu           honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampusalah,satu,item,perawatan,kendaraan,aktivitas,menyemir,ban,dt,mendongkrak,penampilan,mobil,anda,ban,lihat,bersih,awat,layak,dalam,kondisi,baru,berkendara,pun,menjadi,percaya,diri,seiring,kebutuhan,mobilitas,keseharian,“umum,untuk,ral,pembersihan,sebagian,pengguna,menggun,cairan,dejen,masuk,sampo,mobil,sementara,untuk,perawatan,selanjut,semir,ban,untuk,membuat,tampil,mengilap”,kata,robertus,lukman,pt,kharisma,perkasa,distributor,autoglym,di,indonesiaada,beber,jenis,semir,ban,ada,di,pasar,mulai,jenis,cair,gel,foam,konsumen,leluasa,menentukan,pilihan,di,antara,sekian,bak,produk,adamaialbicara,perawatan,ban,khusus,untuk,menghasilkan,daya,kilap,tak,lepas,maial,ada,di,dalam,pada,dasar,untuk,memunculkan,daya,kilap,digun,maial,silikonha,s,untuk,di,pasar,silikon,bagi,atas,dua,jenis,pertama,silikon,berbasis,mik,atau,solvent,saat,diaplikasi,di,permukaan,ban,penggunaan,silikon,berbasis,solvent,memberikan,hasil,tampak,lebih,mengilapnamun,efek,tak,lama,umum,tak,lebih,satu,hari,bertahan,setelah,pemakaian,secara,kasat,mata,semir,ban,berbahan,dasar,solvent,tampak,lebih,basah,wet,look,namun,efek,selanjut,permukaan,ban,justru,menjadi,kering,alias,getas“,penggunaan,intens,jelas,bakal,mempercepat,usia,pakai,ban,sendiri,getas,serta,retak,pada,dinding,ban,menjadi,taruhan”,pr,iel,saputra,show,car,garageuntuk,harga,semir,semacam,memiliki,banderol,relatif,murah,para,penjual,pinggir,jalan,kerap,memasarkan,produk,semacam,secara,kasat,mata,memang,perbedaan,signifkan,jenis,lain,namun,diaplikasikan,solvent,lebih,asa,lengket,dipermukaan,banselanjut,maial,silikon,bahan,dasar,air,alias,wa,base,sejumlah,pabrikan,car,care,sudah,mengadopsi,silikon,berbasis,wa,base,untuk,produk,sebut,s,kit,autoglym,3m,meguiars,turtlewax,lainlainselain,ramah,lingkungan,semir,ban,berbasis,wa,base,memiliki,banderol,beragam,mulai,rp,25,ribu,hingga,rp,100,ribuan,per,kemasan,berbagai,keunggulan,tadi,semir,ban,mengandung,silikon,berbasis,wa,base,menjadi,produk,ideal,menyokong,ral,perawatan,ban,anda,selain,menjaga,performa,ban,perawatan,serta,elastisitas,karet,menjadi,lebih,jaga,anda,pun,turut,menjaga,lingkungan,ragam,bentuk,semir,ban,semir,ban,ditebus,dalam,berbagai,bentuk,harga,mulai,cairan,gel,spray,foam,masingmasing,dibungkus,dalam,kemasan,apik,seperti,semir,aplikator,semprotan,natural,spray,kaleng,bertekanan,aerosolkemasan,aerosol,umum,digun,untuk,jenis,spray,foam,segkan,semir,ban,berupa,cairan,biasa,dikemas,bentuk,natural,spray,berbeda,jenis,gel,umum,dijual,dalam,bentuk,kaleng,aplikator,baik,spray,foam,belgan,menjadi,pilihan,favorit,konsumen,kepraktisan,dalam,aplikasisemir,ban,jenis,foam,pu,kelebihan,yakni,berfungsi,pembersih,beg,ban,kotor,tak,perlu,lagi,dicuci,lebih,dahulu,disemprot,biarkan,foam,bekerja,membersihkan,segus,mengilapkan,ban,namun,memang,kilap,tak,sebaik,semir,murni,baik,jenis,spray,cairan,gelpengilap,ban,jenis,spray,cairan,gel,butuh,ban,sudah,benarbenar,bersih,untuk,menghasilkan,kilap,sempurna,jenis,spray,lebih,mudah,aplikasi,tinggal,disemprot,ke,permukaan,dinding,ban,sementara,untuk,semir,ban,berbentuk,cairan,gel,diperlukan,aplikator,baik,berupa,kuas,spons,untuk,hasil,kilap,detail,sesuai,harn,honda,suzuki,mobil,avanza,daihatsu,drift,interior,perawatan,modification,modifikasi,desain,pabrik,tips,produk,produsen,lampu


Ragam bentuk semir ban
Semir ban bisa ditebus dalam berbagai bentuk dan  harga. Mulai dari cairan, gel, spray, dan foam. Masing-masing dibungkus dalam kemasan apik, seperti semir dengan aplikator, semprotan (natural spray), dan kaleng bertekanan (aerosol).

Kemasan aerosol umumnya digunakan untuk jenis spray dan foam. Sedangkan semir ban berupa cairan biasa dikemas dengan bentuk natural spray.

Berbeda
dengan jenis gel yang umum dijual dalam bentuk kaleng dengan aplikator. Baik spray dan foam belakangan menjadi pilihan favorit konsumen karena kepraktisan dalam aplikasinya.

Semir ban jenis foam juga punya kelebihan, yakni berfungsi juga sebagai pembersih. Dengan begitu, ban yang tidak terlalu kotor tak perlu lagi dicuci terlebih dahulu.

Cukup disemprot dan biarkan foam bekerja membersihkan
sekaligus mengilapkan ban. Namun memang kilapnya tak sebaik semir murni, baik jenis spray, cairan, maupun gel.

Pengilap ban jenis spray, cairan, dan gel butuh ban yang sudah benar-benar 
bersih untuk menghasilkan kilap sempurna. Jenis spray lebih mudah aplikasinya karena tinggal disemprot ke permukaan dinding ban.

Sementara
untuk semir ban berbentuk cairan dan gel diperlukan aplikator, baik berupa kuas maupun spons untuk hasil kilap dan detail yang sesuai harapan.

Sumber : http://www.autobildindonesia.com/read/2011/06/22/3991/16/6/detail-article.php

Tuesday, March 27, 2012

Cara Merawat dan Membersihkan Dashboard Mobil

Nah, tip kali ini adalah bagaimana merawat dashboard yang terbuat dari plastik, Pulytrethane dan vinyl.

1. Sebelum membersihkan dashboard,sebaiknya mobil dicuci terlbih dahulu agar kita lebih mudah dalam membersihkan dashboardnya.
2. Sebelum mulai membersihkan dashboard, kosongkan permukaan dashboard dan angkat semua benda-benda yang ada diatas dashboard, seperti boneka, kotak perfume, tempat tissue, dan pernak-pernik lainnya dan masukkan kedalam satu wadah tertutup yang bersih kemudian simpanlah ditempat lain dengan rapi.
3. Kemudian siapkan air sabun, (pakailah shampoo khusus untuk mobil, atau kalau terpaksa dapat menggunakan shampoo biasa, yang tidak mengandung detergen aktif, semisal Shampo Sunsilk, atau Shampo murah seperti merk Rita dan lain sebagainya). Siapkan kuwas kecil, atau kuwas untuk melukis yang sedang besarnya. Busa pencuci mobil, lap chamois dan lap katun bersih yang lembut dan kering.
4. Campurkan dan aduklah shampo dan air secukupnya kedalam wadah sedang dan kocok dengan tangan agar busanya merata. Kemudian ambil lap chamois atau busa dan celupkan kedalam air busa tadi. Jagalah jangan terlalu banyak air di lap chamois atau busa tadi agar tidak meleleh dan malah membasahi atau mengotori jok atau karpet mobil sobat.
5. Gosoklah permukaan dashboard dengan lembut dan merata, jangan menekan terlalu keras permukaan dashboard yang mungkin akan membuat dashboard retak atau malah pecah.
6. Jika kotoran terlalu tebal, tambahkan shampoo diatas lap chamois atau busa ke mudian gosokkan langsung ke permukaan dashboard yang kotorannya tebal itu. Ulangi beberapa kali sampai kotorannya hilang dan permukaan dashboard menjadi bersih.
7. Khusus untuk di dalam panel instrument seperti Odometer, Speedometer, Ampere meter, RPM meter dan panel-panel lainnya, peraslah lap chamois sobat sampai tidak ada lagi air yang menetes dari lap, kemudian sekalah panel-panel itu dengan lembut dan merata, demikian juga kaca panel, usap dengan lembut dan jangan ditekan terlalau keras, sebab akan dapat membuat retak ataupun pecahnya permukaan panel instrument itu.
8. Setelah semua permukaan dashboard diseka dengan air sabun, kemudian cuci dan bilaslah lap chamois tadi sampai benar-benar bersih dari busa shampoo tadi, Kemudian dengan lap chamois yang telah bersih dan agak lembab tadi sekalah sekali lagi permukaan dashboard hingga merata dan bersih hingga kering. Ulangi sekali lagi sampai bekas air sabun benar-benar bersih dari permukaan dashboard.
9. Setelah semua permukaan dashboard kering, selanjutnya kita akan melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung plastic, Polyturethane dan vinyl.Banyak merek obat pelindung ini dijual di toko assesories mobil. Mulai yang harganya ekonomis, sampai yang cukup mahal seperti KIT interior, Sonax, Son Of Gun, 3M, Autoglim, Wurth dan lain sebagainya tergantung budget sobat.
10. Nah setelah permukaan dashboard bersih dan benar-benar kering, kita dapat mulai melapisi permukaan dashboard dengan chemical pelindung tadi.
11. Semprotkan cairan pelindung ke permukan dashboard. Boleh disemprot sekaligus atau bagian demi bagian. Setelah semua permukaan dashboard disemprot cairan pelindung dengan merata, gosoklah permukaan dashboard dengan lap kering dan bersih dengan gerakan memutar dan cukup tekanan, hingga rata. Celah-celah yang sulit dijangkau tangan, dapat disapukan dengan kuwas bersih hingga rata.
12. Untuk permukaan panel instrument, gosok dengan lembut dan jangan ditekan terlalu keras, agar tidak retak atau pecah.
13. Untuk bagian dengan bercak kotoran yang membandel langkah diatas, dapat diulang beberapa kali hingga kotoran hilang dan permukaan menjadi bersih mengkilap.
14. Setelah dilapisi dengan cairan pelindung tadi, perawatan selanjutnya cukup di lap dengan lap katun kering dan bersih. Obat pelindung yang berkwalitas bagus mampu menjaga kebersihan dan melindungi dashboard dari teriknya matahari hingga beberapa bulan, tergantung pemakaian dan tempat kendaran diparkir setiap harinya. Jika setiap hari diparkir di tempat terbuka dan terkena panas matahari terik, sebaiknya dashboard lebih sering dilapisi dengan cairan pelindung ini.
Dengan merawat dashboard secara rutin, percayalah kendaraan sobat akan selalu tampil prima dan sehat dan kitapun menjadi betah didalam kabin dan bangga mengendarainya kemanapun kita pergi. Dan yang lebih penting lagi, dashboard akan tahan lama, dan tentu menarik lebih lama untuk dilihat.

Nah pekerjaan kita merawat dashboard selesai sudah.

Ternyata tidak susah ‘kan untuk merawat dashboard :-)

Selamat mencoba

Sumber :  http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6490725

Car Care, Tetap Menawan Kala Liburan


JAKARTA - Momentum liburan Lebaran benar-benar dimanfaatkan otomania yang senang traveling. Selain bertemu orangtua, saudara juga memuaskan keinginan berpetualang dengan mobil. Enggak heran jarum odometer bisa bertambah ratusan bahkan ribuan kilometer.

Bagi yang selalu ingin mobilnya tampil resik dan menawan, isi kabin biasa dipenuhi dengan cairan-cairan car care. Ya enggak dilarang loh. Apalagi kalau niatnya baik untuk menjaga kebersihaa. Selain itu punya utilitas tinggi untuk diaplikasi.

Tergolong hot items adalah car care untuk polesan bodi, ban, jamur kaca, bahkan hingga ke brake cleaner. Intinya mudah diaplikasi sendiri alias do it your self. Selain itu harganya terjangkau dan kalaupun mahal syaratnya bisa buat long term maintenance. Kayak apa saja tuh?


 
Wiper fluid & Rain Repelant
Terkadang di tengah jalan kaca depan mobil terkena kotoran, residu solar, asap dan benda-benda lain yang dapat mengganggu visibilitas pengemudi. Makanya wiper fluid atau cairan di dalam tabung reservoir wiper harus dipehatikan.

Selain air bersih, air wiper dapat pula memakai cairan aditif khusus kaca yang banyak dijual di pasaran. Contoh Kit Wiper Fluid, Carrera Wiper Wash, Screen Wash, Gla’co 99, Waxco dan Foerch Windscreen Washer Additive, dsb.

“Cairan wiper itu ada yang mengandung kosentrat dan ada yang tidak. Kalau benar-benar kosentrat, harus dicampur air dengan perbandingan tertentu tergantung merek. Kalau enggak ada, bisa langsung tuang ke tabung,” beber Tjahja Tandjung dari TODA Oil, di Kelapa Gading, Jakut.

Selain wiper fluid, terdapat pula cairan khusus kaca mobil yang bernama rain repelant. Sesuai namannya, cairan ini berfungsi kala hujan karena air pada kaca dapat mengalir lebih cepat setelah diolesinya.

Namun, saran Tjahja, kalau tidak hujan lagi sebaiknya kaca dan karet wiper dicuci. Karena gerakan karet wiper akan kurang lancer (keset) karena ada coating rain repelant. “Dikiranya karet rusak padahal tidak. Makanya hanay dipakai bila mau hujan,” tegas pria ramah ini.

 
Tar Remover

Tambal sulam aspal sepanjang jalur liburan memberi ‘bonus’ buat mobil kesayangan. Apalagi kalau bukan lelehan dan serpihan si kecil hitam butiran aspal. Sayangnya menghilangkan noda itu tidak bisa pakai air atau cairan biasa. “Soalnya lengket sehingga perlu chemical khusus,” terang Peter Dionisius, Product Development Autochem Industry yang melansir Prestone Tar Remover.

Prestone kaleng hijau ini tinggal disemprotkan ke area yang banyak kotoran. Misal area belakang roda, grill depan atau bumper. Uniknya lagi, bisa berfungsi sebagai pembersih serangga dan getah pohon. Banyak serangga yang menempel dikaca depan sehingga mengganggu pandangan. Begitu juga getah pohon saat parkir di bawahnya. Nah sekarang tinggal semprot saja Bug & Tar Remover ini. Cara lain yang tradisional adalah memanfaatkan minyak tanah atau minyak kayu putih. Ayo pilih mana?


Brake Cleaner

Masih ingat kasus penipuan dengan menyiramkan oli ke cakram sehingga seakan rem terbakar karena asap yang timbul? Nah menghilangkan oli dan kotoran di piringan serta kaliper bisa menggunakan brake cleaner. “Ini cara mudah ketimbang bongkar rem,” tambah Cin Kian, Sales manager Wealthy Indonesia yang merilis Wealthy brake cleaner. Caranya semprotkan ke piringan, sela-sela kaliper atau rem tromol. Chemical ini bisa meluruhkan debu, minyak hingga gemuk.


Poles Headlamp

Ratusan atau ribuan kilometer telah ditempuh, headlamp bisa menjadikusam. Ini akibat debu dan kotoran yang hinggap. Sehingga sinar lampu mulai terlihat redup dan “mata” mobil terkesan tidak cemerlang lagi . Solusinya mudah, coba poles headlamp dengan memakai obat poles khusus mika atau glass. Contohnya Meguiars Plastx, cairan berfungsi untuk menghilangkan kerak yang menempel pada headlamp. “Kocok lalu tuangkan Meguiars Plastx pada busa secukupnya saja. Lalu poles searah sampai menutupi semua sisi headlamp” ujar Mulyana dari Duta AC mobil yang juga mengerjakan jasa poles mobil di Radio Dalam, Jaksel. Finishing memakai lap dengan bahan Microfiber dengan cara agak ditekan sewaktu menggosoknya. Cukup mudah kan supaya mata mobil otomania kinclong lagi.   (mobil.otomotifnet.com)

Sumber : http://mobil.otomotifnet.com/read/2011/08/30/322832/295/22/Car_Care__Tetap_Menawan_Kala_Liburan

Merawat cat mobil

Saya adalah seorang penggemar mobil dan sebagai penggemar mobil mata saya sering 'terganggu' jika melihat mobil-mobil yang masih tergolong baru namun kondisi catnya sudah buram atau berjamur. Mungkin pemilik mobil tersebut tidak sempat merawat cat mobil mereka atau mungkin banyak juga yang tidak tahu cara merawat cat kendaraan mereka sehingga kondisi cat mobil mereka terlihat kusam. Bagi yang memiliki kocek lebih, bisa saja mobil dibawa ke salon mobil untuk dipoleskan. Namun, saya tidak terlalu menyarankan untuk sering membawa mobil ke salon mobil , karena salon mobil biasanya menggunakan 'alat berat' dan 'obat keras' untuk memoles sehingga mengakibatkan lapisan cat terkikis.

Untuk itu, saya menyarankan untuk merawat sendiri cat kendaraan anda dirumah. Selain dapat menghemat uang, cat mobil bisa lebih awet lho! Disini saya ingin memberikan tips-tips merawat cat mobil yang dapat dilakukan sendiri dirumah.

Sebelumnya anda perlu mengetahui tipe cat kendaraan anda. Tipe cat kendaraan perlu diketahui sebagai patokan dalam memilih produk perawatan yang cocok bagi kendaraan anda. Pada dasarnya tipe cat mobil terbagi tiga, yang pertama adalah jenis cat Nitro Celulose (NC) yang umum digunakan pada mobil di era tahun 80an. Tipe cat NC tidak stabil dalam hal warna dan kilap sehingga perlu sering-sering memolesnya. Untuk merawat cat NC diperlukan obat poles dengan bahan dasar silikon. Produk yang bisa digunakan adalah Amway Silicon Glaze.
Yang kedua adalah jenis cat Nitro Celulose Modified (NC Modified) yang biasa digunakan pada mobil-mobil di pertengahan era 90an. Bahan dasar NC Modified sebenarnya sama dengan NC biasa, bedanya adalah pada NC Modified sudah ada bahan hardener yang menjadikan warna lebih kuat dan stabil. Produk perawatan cat yang baik digunakan sama dengan NC biasa, yaitu obat poles dengan bahan dasar silikon macam Amway Silicon Glaze.
Jenis terakhir adalah mobil berbahan dasar polyurethane (PU) yang biasa digunakan oleh mobil tahun 2000 keatas. Cat PU memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibanding NC dan NC Modified. Untuk merawat cat PU, tidak dianjurkan untuk menggunakan produk berbahan dasar silikon. Dianjurkan untuk menggunakan bahan yang bersifat organik. Bahan carnauba paling cocok untuk memoles cat jenis PU. Banyak pilihan produk yang bisa digunakan seperti seperti Turtle Wax, Meguiar's, Mother's, Zymol, dsb. Kalau ingin yang tidak terlalu mahal bisa gunakan KIT (saya sarankan kaleng biru atau merah). Pastikan wax yang anda pilih terdapat bahan carnauba wax didalamnya, bukan silikon. Oh iya, untuk kesemua jenis cat, saya tidak menganjurkan penggunaan kompon untuk perawatan rutin. Penggunaan kompon dapat mengikis cat, dan hanya boleh digunakan jika terdapat goresan yang sedikit dalam.

Sebelum mencoba, saya perlu mengingatkan anda untuk membedakan istilah poles dan wax. Poles berasal dari kata 'polish' yang berarti mengkilapkan, dengan cara menggosok (biasanya dengan material kompon) hingga permukaan kusam terkikis dan warna menjadi mengkilap. Mobil hanya perlu dipoles jika catnya sudah kusam atau jika terdapat goresan. Jika belum kusam, perawatan yang tepat adalah dengan waxing atau pemberian lapisan wax. Produk poles dan wax juga berbeda, jadi hati-hati dalam memilih. Perhatikan kata car polish dan car wax. Kalau terlalu sering menggunakan produk car polish, cat mobil kita bisa bertambah tipis, berbeda dengan wax, justru semakin sering kita aplikasikan wax pada cat mobil kita, semakin terlindungi catnya.

Di blog ini, saya akan memberi tips mengenai cara memoles dan mengaplikasikan wax pada cat mobil anda. Setelah mendapatkan produk yang sesuai dengan cat mobil anda, sekarang saatnya mencoba. Pastikan mobil anda terparkir di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Pertama-tama cuci bodi mobil anda dulu. Tidak perlu menggunakan shampoo mobil kecuali bodi mobil dipenuhi lumpur atau noda-noda yang sulit dihilangkan. Setelah mobil dikeringkan dengan lap chamois, mulailah memoles. Jika cat mobil anda masih dalam kondisi baik dan belum kusam, proses memoles langsung dilewati dan anda hanya perlu melakukan waxing. Siapkan obat poles, wax, spons, dan kain katun bersih yang lembut atau lebih baik lagi jika ada kain microfiber.

Tuangkan obat poles ke spons (jika menggunakan obat poles cair) atau cocolkan spons ke pasta (jika menggunakan obat poles pasta) kemudian gosokkan ke bodi mobil dengan gerakan memutar atau naik turun (tergantung anjuran pada kemasan produk). Tunggu sekitar 5 menit agar sedikit mengering. Setelah 5 menit, bersihkan bekas obat poles dengan kain katun atau microfiber. Tidak perlu gerakan memutar. Agar hasil maksimal, lakukan pemolesan perpanel, jangan langsung satu mobil. Jika sudah selesai satu bodi, lanjutkan dengan proses waxing. Caranya sama dengan memoles, namun karena waxing hanya melapisi cat dengan wax, akan terasa bahwa proses waxing jauh lebih ringan dari proses memoles. Anda juga tidak perlu menunggu lima menit sebelum dibersihkan sisa-sisa waxnya.

Agar mobil anda selalu mengkilat dan terbebas dari jamur, lakukan waxing minimal 1 bulan sekali. Jika anda cukup rajin, lakukanlah lebih sering lagi, dijamin cat mobil anda akan selalu terlihat baru dan mengkilap. Anda juga tidak perlu sering-sering memoles, hasilnya lapisan cat tetap tebal dan terlindungi, jika anda ingin menjual kembali mobil anda pasti akan ditawar dengan harga lebih tinggi.

Selamat mencoba!

Sumber : http://aryadaru.blogspot.com/2010/08/tips-merawat-cat-mobil.html

Menghilangkan Noda Serangga, Aspal, dan Kotoran Burung

Menghilangkan Noda Serangga, Aspal, dan Kotoran Burung


Setelah menggunakan mobil kita ke luar kota dengan jarak tempuh lebih dari dua jam, pasti mobil kita kondisinya kotor tertutup debu. Belum lagi jika hujan di perjalanan, mobil kita pasti akan luar biasa kotornya. Jika kita sudah sampai di tujuan, sebaiknya mobil harus langsung dibersihkan. Jika dibiarkan, kotoran-kotoran yang menempel di bodi mobil akan sulit untuk dihilangkan, terutama kotoran berupa noda-noda serangga, aspal, dan kotoran burung yang sering tampak di mobil kita setelah kita menggunakan mobil ke luar kota.

Untuk menghilangkannya, saya sangat menyarankan untuk menggunakan produk 'Bug & Tar Remover' atau penghilang noda-noda serangga dan aspal. Dengan menggunakan Bug & Tar Remover, kotoran berupa serangga yang tertabrak, lontaran aspal basah, dan kotoran burung akan mudah dihilangkan. Jangan dipaksakan hanya dengan menggunakan sampo mobil karena hasilnya tidak akan maksimal dan noda seperti aspal akan tetap menempel, apalagi nekat mencongkel noda aspal menggunakan cutter, resikonya bisa membuat 'luka' cat kendaraan. Di pasaran banyak dijual produk Bug & Tar Remover dengan berbagai merek, ada Prestone, Meguiar's, Astonish, Autoglym, Turtlewax, dll. Menurut saya yang paling ideal merek Prestone karena harganya masih murah (sekitar 30 ribuan) dengan kemampuan yang lumayan. Kalau produk Meguiar's atau Autoglym kemampuannya tidak perlu diragukan, tapi harganya masih diatas 90 ribu.

Cara pemakaiannya, semprot Bug & Tar Remover ke bagian bodi yang ada noda serangga/aspal/kotoran burung, beberapa produk seperti Autoglym harus dioleskan ke kain lalu diusap ke bagian yang ada nodanya (karena tidak ada alat semprotnya). Setelah disemprotkan atau dioleskan, tunggu beberapa detik agar Bug & Tar Remover tersebut bereaksi, kemudian usap dengan kain katun kering yang lembut hingga kotorannya hilang. Setelah kotorannya hilang, cuci seluruh bodi mobil dengan sampo mobil yang lembut. Untuk hasil maksimal, disarankan untuk dipoles dengan metode yang sudah saya jelaskan di blog saya sebelumnya. 
Sumber : http://aryadaru.blogspot.com/2011/11/treatment-kaca.html

Merawat Pintu Bagasi Hatchback



SolusiMobil.com - Mobil di segmen hatchback kini mulai digandrungi konsumen tanah air, hal ini terbukti terus meningkatnya penjualan sejumlah ATPM pada mobil yang berdimensi kompak tersebut. Oleh karena itu pengetahuan akan perawatan mobil ini begitu dibutuhkan. Selain mesin serta kaki-kaki kendaraan, pintu bagasi yang merupakan akses keluar masuk barang juga perlu diperhatikan.
Diantaranya dimulai dengan memperhatikan kondisi karet balon yang merupakan media untuk sealing. Kalau kondisinya sudah tidak layak gepeng atau robek, akan memungkinkan air hujan ataupun cucian akan merembes masuk dan ini dapat memicu timbulkan karat.

Selanjutkan perhatikan engsel yang posisinya di atas. Komponen penghubung antara pintu dan bodi ini kerap seret karena sering terkena air. Bahkan sering berkarat karena permukaan logam yang terus bergesek saat pintu dibuka. Beri pelumas secara berkala.

Kemudian tidak kalah penting adalah mengecek kedua sok pintu bagasi. Periksa batang sok apakah sudah ada kebocoran atau tidak. Biasanya kalau sudah bocor, sok tak lagi kuat menahan pintu yang terbuka lebar. Indikasinya adalah adanya basahan oli di sekitar batang sok.

Cermati pula, karet pengganjal pintu yang lazim berada di tepi pintu. Kalau sudah gepeng atau pecah, ganti saja yang baru. Sebaliknya, kalau masih dalam kondisi fit, pastikan tinggi masing-masing karet pengganjal tetap sama.

Mobil hatchback keluaran anyar, biasanya dilengkapi peranti wiper belakang. Saat pintu terbuka akan terlihat slang air dan karet penutup slang air penyemprot wiper. Periksa apakah ada bocor akibat tergencet atau tertekuk sehingga air tak bisa keluar saat menyalakan wiper belakang. Hal ini guna memastikan air tak menyusup saat dicuci atau hujan deras, karena di dalamnya banyak terdapat kabel untuk kebutuhan peranti seperti defogger, motor wiper belakang dan third brake lamp.

Terakhir adalah memastikan mekanis pengunci pintu bagasi, dengan memberikan pelumas grease setiap 3 bulan sekali guna memudahkan saat dibuka tutup pakai kunci. [ot/aj]

Sumber : http://www.solusimobil.com/poli-auto/dokter-reparasi/artikel/merawat-pintu-bagasi-hatchback

Stir Bergetar, Perhatikan Hal Berikut

SolusiMobil.com - Stir atau kemudi yang nyaman semestinya memang tidak bergetar ketika berkendara. Apabila sudah mulai terasa tidak nyaman, semisal handling saat berkemudi terasa bergetar saat berjalan dikecepatan tertentu atau ketika pedal rem diinjak, ada beberapa hal yang patut diperhatikan apabila hal demikian terjadi pada kendaraan anda.
Cek kondisi rem
Bila piringan rem sudah tidak rata atau bergelombang, maka saat ketika dilakukan pengereman maka akan bergetar. Getaran itulah yang akan diteruskan ke kemudi dan akan terasa getarannya hingga ke tangan saat mengemudi. Karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk memastikan dan mengecek kondisi piringan.

Selain kondisi piringan rem, bearing (laher) roda depan yang mengalami keausan juga bisa menyebabkan getaran di stir/kemudi. Tapi, getaran ini tidak hanya muncul pada saat di rem saja. Pada saat kecepatan tinggi dan permukaan jalan yang tidak rata getaran juga terasa bahkan biasanya disertai juga dengan bunyi gemuruh pada roda. Untuk mengatasi masalah seperti ini, solusinya adalah dengan segera mengganti komponen tersebut.

Spooring & Balancing
Pada kasus stir yang terasa bergetar saat mengerem, memang kemungkinan besar faktor pemicunya ada pada sistem rem dan bukan karena tidak berfungsinya balancing. Tapi, Balancing dan spooring tentunya juga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara karena mampu menghindari stir bergetar yang dihasilkan akibat putaran roda mobil saat berjalan serta dapat meningkatkan kestabilan kemudi.

Untuk itu disarankan agar tetap melakukan spooring dan balancing setiap 10.000 km dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pada sistem pengereman itu sendiri. Segera ganti kanvas rem jika telah habis dan pergunakan kanvas rem yang orisinil agar kualitasnya terjamin. Sementara perawatan untuk laher, dapat dilakukan dengan cara dilumasi kembali dengan grease (gemuk) setiap 20.000 km. [so]

Sumber : http://www.solusimobil.com/poli-auto/dokter-reparasi/artikel/stir-bergetar-perhatikan-hal-berikut

Tips Mengatasi Putaran Gas Yang Tersangkut

Bagi anda para pengendara sepeda motor pasti sering mengalami masalah tersangkutnya gas secara tiba-tiba yang membuat RPM mesin tidak bisa turun. Menurut Denny, seorang mekanik dari bengkel Bebek Racing dikawasan Kalimulya Depok, ada beberapa penyebab yang membuat gas tersangkut. Pertama silahkan dicek terlebih dahulu tuas choke yang biasanya terdapat pada bagian sebelah kiri setang. Jika tuas ini tertarik akan membuat pasokan bensin terlalu kaya yang membuat putaran mesin sulit turun, dan solusinya adalah tutup kembali tuas choke keposisi normal.

Penyebab kedua biasanya terjadi karena tali gas yang mulai kotor dan serat sehingga membuat tali gas sulit untuk bergerak keposisi menutup. Untuk mengatasi masalah tersebut silahkan anda copot tali gas dari throttle dibagian setang dan juga pada bagian botol skep hingga menyisakan tali gas saja. Jika sudah terlepas ambil bensin secukupnya dan masukan kedalam lubang karet pembungkus tali gas sambil menaik turunkan tali gas hingga terlihat bersih dan terasa lancar. Jika tahap pembersihan sudah selesai anda bisa memasukan sedikit oli atau minyak curah pada lubang karet pembungkus tali gas, agar naik turun taligas menjadi lebih lancar.

Setelah tali gas terasa lancar, kita lanjutkan mengecek botol skep selagi belum dipasang kembali. Botol skep juga menjadi salah satu penyebab gas tersangkut, biasanya botol skep yang baret akan sulit untuk membuka dan menutup moncong udara dari karburator yang juga membuat putaran gas terus meninggi. Jika botol skep terlihat baret siapkan amplas yang sangat halus, amplas bagian yang baret dengan perlahan hingga baretnya menghilang dan lancar saat digunakan. Saat semua telah selesai, pasang seluruh part pada tempatnya masing-masing, dan putaran grip gas anda akan terasa lancar dan lebih ringan.[nur/timBX]

Sumber : http://www.blackxperience.com/index.php?page=autotips-detail&tid=227

Penyebab Lampu Motor Sering Putus

Bagi anda para bikers, lampu merupakan salah satu part penting yang bisa berhubungan langsung dengan nyawa anda saat berkendara karena fungsinya yang sangat vital. Selain untuk membantu penglihatan pengendara dikegelapan, kehadiran lampu juga menjadi sebuah tanda keberadaan anda bagi pengendara lain saat berkendara dimalam hari. Berhubungan dengan hal itu, betapa jengkelnya anda jika lampu motor anda sering putus dan anda harus bolak-balik pergi kebengkel untuk membeli lampu baru. Ada beberapa penyebab sering putusnya lampu kendaraan anda, mari kita cek satu persatu:

1. Hal pertama yang meski anda periksa adalah kabel kelistrikan, pastikan seluruh kabel dalam keadaan baik dan tidak ada yang terkelupas. Karena jika ada kabel yang terkelupas dan bersentuhan dengan massa, akan menyebabkan koslet yang bisa memacu semakin pendeknya umur bohlam lampu kendaaan anda. Jika hal itu terhadi, anda dapat mengatasinya dengan menutupnya dengan isolatip plastik hingga tertutup sempurna. Namun jika kerusakan sudah terlalu parah anda bisa mengganti bagian kabel yang rusak itu dengan kabel yang baru.

2. Yang kedua adalah cek saklar lampu kendaraan anda, buka saklar yang ada pada setang dan cek kembali kabel-kabel yang terhubung kepada setiap panel disana. Jika ada yang tidak terhubung dengan baik anda bisa menghubungkannya kembali. Setelah itu anda bisa membersihkan tombol-tombol saklar sampai semua kotoran yang bisa mengganggu kinerja saklar hilang dan saklar menjadi bersih.

3. Jika kedua masalah diatas bukan menjadi penyebabnya anda bisa melanjutkan pencarian anda dengan mengecek kiprok atau regulator pada motor anda. Part ini memiliki fungsi sebagai alat pengisian aki (motor tipe AC ke DC) juga berfungsi sebagai penyetabil arus listrik, sehingga saat aki tidak bekerja dengan normal kiprok atau regulator dapat menyetabilkan aliran listrik yang dihasilkan spul magnet. Jika kiprok atau regulator juga tidak berfungsi dengan normal lampu akan mudah putus karena terlalu besarnya aliran listrik yang diterima lampu. Apabila alat ini bermasalah anda dapat menggantinya dengan yang baru.

4. Kemungkinan yang terakhir jika lampu motor anda sering putus atau redup ada pada bagian spul magnet. Karena bagian ini bertugas menjadi penghasil aliran listrik yang berfungsi sebagai pengisi aki dan penyalur kelistrikan ke part-part lain termasuk lampu pada motor anda. Maka jangan heran jika ada masalah pada bagian ini alat-alat kelistrikan pada motor anda tidak bisa bekerja dengan normal. Cara penanganannya adalah mengganti spul magnet dengan yang baru, atau jika anda ingin lebih irit anda bisa pergi kebengkel dinamo kepercayaan anda untuk memintanya menggulung kembali spul magnet anda dengan gulungan baru, dan tentunya hal ini sedikit lebih murah dibandingkan anda membeli part baru.[nur/timBX]

Sumber :  http://www.blackxperience.com/index.php?page=autotips-detail&tid=228

6 Minuman Alami Penurun Hipertensi

KOMPAS.com - Ada dua faktor risiko terkait munculnya tekanan darah tinggi (hipertensi) yang tidak dapat dikendalikan yakni usia dan riwayat penyakit di keluarga (genetika). Tetapi, Anda masih bisa melakukan intervensi terhadap faktor risiko lain dengan cara membuat pilihan lebih cerdas, seperti aktif secara fisik, mengurangi asupan natrium, dan makan dengan menu sehat dan seimbang.

Selain itu, Anda juga dapat menurunkan risiko hipertensi dengan cara berbeda yakni mengonsumsi minuman alami.  Berikut ini adalah 6 (enam) minuman yang dapat berkontribusi terhadap penurunan tekanan darah, terutama dalam kombinasi dengan diet sehat dan olahraga teratur.

1. Susu rendah lemak
Cara kerja : Kekurangan kalsium telah lama dikaitkan dengan tekanan darah tinggi. Asupan tinggi kalsium dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Tapi perlu diingat, sangat penting untuk memilih jenis susu yang tepat untuk hasil terbaik. Susu rendah lemak sangat kaya akan kalsium ketimbang susu penuh lemak. Jumlah lemak sederhana dapat membantu Anda menyerap kalsium lebih mudah.

Saran:  Sebagai bagian dari ritual menyehatkan, tiga porsi susu rendah lemak terbukti mampu mengurangi tekanan darah sistolik.
2. Teh bunga rosella
Cara kerja : Seperti halnya jus delima, bunga rosella (hibiscus) mengandung phytochemical bioaktif yang bertindak sebagai inhibitor ACE alami. Satu studi menunjukkan bahwa teh rosella sangat efektif menurunkan tekanan darah seperti halnya kaptopril - obat yang biasa digunakan untuk mengatasi hipertensi dan gagal jantung.

Saran: Dalam satu penelitian dipublikasikan secara luas, tiga porsi teh hibiscus dapat menurunkan tekanan darah sistolik prehipertensi subyek secara signifikan. Minumlah tiga cangkir sehari untuk mendaptkan hasil maksimal.

3. Jus delima
Cara kerja: ACE adalah enzim yang meningkatkan tekanan darah dengan menciptakan protein yang disebut angiotensin II, yang menyebabkan pembuluh darah mengkerut. Jus buah delima bertindak sebagai inhibitor ACE alami, mirip dengan jenis obat yang biasa diresepkan untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung.
Dalam sebuah kasus disebutkan, jus buah delima dapat mengurangi ACE sebesar 36 persen dan menurunkan tekanan darah sistolik juga. Bahkan beberapa penelitian belakangan secara signifikan menunjukkan, manfaat delima untuk mengurangi plak arteri (sampai 30 persen) dan meningkatkan aliran darah ke jantung.

Saran : Jonny Bowden, salah seorang ahli nutrisi merekomendasikan untuk meminum enam ounce (177 mililiter) jus delima setiap hari tanpa pemanis.

4. Jus cranberry


Cara kerja: Cranberry dan jus cranberry memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang membantu mencegah dan mengurangi kerusakan dalam pembuluh darah, sehingga mencegah peningkatan tekanan darah yang tidak diinginkan. Selain itu, jus cranberry dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah.

Saran: Tidak ada rekomendasi standar untuk mengonsumsi jus cranberry sebagai bagian dari rejimen sehari-hari.

5. Air


Cara kerja: Minum air putih adalah cara sederhana, murah, sehat dan paling efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah. Dehidrasi kronis menyebabkan pembuluh darah mengkerut sehingga membuat jantung bekerja lebih keras, dan pada akhirnya mengakibatkan lonjakan tekanan darah.

Saran: Kebanyakan orang mungkin telah sering mendengar anjuran yang mengatakan untuk minum delapan gelas per hari. Tetapi untuk pendekatan yang lebih personal, bisa disesuaikan dengan berat badan Anda. Caranya: berat badan dibagi dua (namun dalam bentuk ounce). Misalnya, orang dengan bobot 150-pound atau sekitar 68 kg harus memenuhi kebutuhan asupan air setidaknya 75 ounce atau sekitar 2 liter setiap hari.

6. Jus Bit

Cara kerja : Buah bit adalah sumber yang baik dari potassium dan folat, dua zat yang penting untuk mengatur tekanan darah.  Selian itu, buah bit juga mengadung nitrat, yang diubah menjadi nitrit ketika diserap oleh tubuh. Nitrit berkhasiat membuat jaringan otot menjadi rileks dan menurunkan aliran darah. Buah bit secara alami dapat membantu kesehatan fungsi pembuluh darah dan melawan homosistein, yang  dapat merusak pembuluh darah.

Saran : Beberapa riset mengindikasikan, konsumsi satu atau dua cangkir jus  bit setiap hari dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan dalam waktu cukup singkat yakni sekitar satu jam setelah konsumsi. Penelitian di Inggris juga menyatakan  bahwa jus buah bit sama efektifnya dengan tablet nitrat dalam mengendalikan hipertensi.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2011/12/03/13100511/6.Minuman.Alami.Penurun.Hipertensi

Popcorn, Camilan Kaya Antioksidan


KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan popcorn. Di samping rasanya yang gurih, popcorn ternyata juga memiliki reputasi yang baik sebagai makanan ringan. Para ilmuwan melaporkan bahwa popcorn mengandung lebih banyak zat antioksidan menyehatkan yang disebut polifenol ketimbang buah dan sayuran.

Polifenol
memiliki manfaat kesehatan yang besar karena senyawa ini mampu membantu melawan molekul berbahaya yang merusak sel. Temuan ini rencananya akan dipresentasikan dalam National Meeting and Exposition of the American Chemical Society (ACS), pada minggu ini.

Peneliti menemukan bahwa satu porsi popcorn mengandung hampir 300 mg antioksidan - hampir dua kali lipat (160 mg) untuk semua buah-buahan per porsi. Peneliti bahkan menemukan, kulit popcorn - bagian yang sering terjebak di sela-sela gigi - sebenarnya memiliki konsentrasi polifenol dan serat paling tinggi. "Kulit mereka layak mendapatkan perhatian lebih, karena memiliki kandungan gizi lebih banyak" kata Vinson.

Meski begitu, Vinson memperingatkan bahwa seseorang tidak dapat hanya bergantung pada popcorn saja. Pasalnya, walau bagaimana pun, popcorn tidak mengandung vitamin dan nutrisi sebagaimana yang terkandung pada buah dan sayuran.

Vinson dan timnya menyimpulkan, "Popcorn mungkin makanan ringan yang sempurna. Satu porsi popcorn memberikan lebih dari 70 persen asupan harian gandum. Rata-rata orang hanya mendapat sekitar setengah porsi gandum utuh sehari, dan popcorn dapat mengisi kekurangan tersebut dengan cara yang menyenangkan."
Jangan keliru membuat popcorn
Vinson kembali memperingatkan cara penyajian popcorn yang keliru yang justeru dapat menimbulkan masalah kesehatan serius.  Cara yang salah tersebut misalnya memasak menggunakan minyak, mengoleskan mentega, atau memberikan tambahan garam dan gula, yang justru akan membuat makanan ringan tersebut tinggi kandungan lemak dan kalori.

"Popcorn yang dibuat dengan microwave dan ditambahkan minyak memiliki kalori dua kali lebih banyak. Sekitar 43 persen popcorn yang dibuat menggunakan microwave adalah lemak," jelasnya.

Sumber : http://health.kompas.com/read/2012/03/27/07262870/Popcorn.Camilan.Kaya.Antioksidan